About Me, Ghea Safferina

10.16


Ghea Safferina, 20 tahun.

Lulus dari SMK Telkom Sandhy Putra Malang di 2013 dengan jurusan rekayasa perangkat lunak (programming), dia kemudian mencoba untuk belajar mandiri dengan bekerja di salah satu perusahaan swasta yang bergerak di dunia digital, Batavia Technologi. Saat itu berusia 18 tahun dan berkomitmen ingin mandiri secara financial. Mengawali pekerjaan sebagai Marcomm dan menghandle urusan design. Pembelajaran baru yang berbeda dari apa yang didapatkannya selama di sekolah. Tapi memang itulah minatnya dan apa yang menjadi ketertarikannya.

Setelah itu sempat dipindahkan ke bagian social media specialist karena para 'petinggi' kantor merasa bahwa dia memiliki passion disitu, diapun menikmati beberapa bulan mencicipi divisi baru. Hingga kemudian masuk ke divisi creative yang tugasnya memikirkan hal-hal out of the box, hal yang baru, dan sangat menarik bagi ghea. Hari-hari di kantornya di habiskan dengan reserach berbagai macam case study dan mengonsep ide.

Selama bekerja di Jakarta, ghea juga berkuliah di Universitas Mercubuana kelas ekstensi. Menghabiskan setiap weekend dan malam harinya untuk berkutat dengan ilmu ekonomi dan management. Terpaksa harus mengucapkan selamat tinggal pada hari libur di hari sabtu dan minggu, demi masa depan! (hahaha), di beberapa hari lainnya bahkan perkuliahan dilakukan malam hari sepulang kantor.

Lalu di 2014 akhir, setelah 16 bulan di jakarta, ghea kembali lagi ke kampung halamannya di Malang. Meski sebenarnya dia masih nyaman-nyaman saja hidup di ibu kota. Tapi ada sesuatu yang harus di urusnya di rumah. Meninggalkan zona nyamannya dan memulai semuanya kembali, tapi dia percaya bahwa tidak ada yang namanya kebetulan. Semua sudah aturan-Nya dan pasti yang terbaik. Pekerjaan tetap dari jakarta dan di remote dari malang, lalu untuk perkuliahan, dia mengurus kepindahan dan transfer di Universitas Widyagama malang, tetap dengan program studi yang sama dan kelas ekstensi.

Beberapa bulan setelah kepindahannya di Malang, ghea merasa bekerja secara remote tidak optimal untuknya. Dia memang tidak pernah suka bekerja sendirian, dia ingin tim yang real, bukan lewat dunia maya. Oleh karena itu keputusan berat untuk resign-pun dibuatnya dan mulai mencoba hal baru dengan menjadi co-founder dari www.pictalogi.com, yang menggabungkan tekhnologi - marketing - hal creative - management dan semua hal yang menjadi passionnya. Ghea diberi kepercayaan untuk mengurus ulang +Pictalogi Indonesia dari awal, mengkonsep ulang dengan gayanya, dan itu merupakan suatu hal yang sangat menarik baginya. Hingga saat ini kesibukan kesehariannya adalah berexplorasi dengan pictalogi, appleberry dubidam dan berkuliah.

Personalitiy?

Menurut personalitiy test, ghea tergolong sebagai ENFJ – The Giver (Detailnya cek disini). Sangat mudah bersemangat oleh hal-hal baru yang menurutnya menarik. Apalagi jika berkaitan dengan hal-hal kreatif dan sosial. Dia ingin terlibat di dalam banyak kegiatan positif, selalu berusaha untuk menjadi bagian dari suatu perubahan.

Sangat suka berteman, dan sejak menulis di blog ini, jaringan pertemannya menjadi meluas. Hampir seluruh indonesia. Dan tidak jarang pertemanan yang maya berlanjut ke nyata. Dia selalu open dengan orang baru yang ingin menjadi temannya, drop some hello on her email if you are interested  being her friends (ehehe).

Ghea suka berimajinasi dan berfikir, tapi sering merasa sedih ketika ide-idenya belum sempat terkesekusi dengan baik karena terlalu banyak yang ingin di lakukan. Banyak orang menyuruhnya untuk fokus dan dia-pun tahu tentang itu. Tetapi tidak mudah, sangat tidak muda bagi seorang Ghea untuk harus fokus pada satu hal. Dia mudah bosan, mudah jenuh. Sangat tipikal gemini.

Paling tidak bisa berurusan dengan perasaan orang lain. Sering terharu tapi lebih memilih untuk pura-pura tidak terharu. Sulit memperlihatkan perasaan secara nyata maupun merespon perasaan. Sangat takut menyakiti hati orang lain. Bahkan ketika mendapati obrolan di chat tanpa emoticon, ghea akan mengevaluasi dirinya kembali, takut salah kata.

Mudah berbahagia oleh hal-hal simple dan selalu berusaha untuk men-setting mindsetnya untuk mudah berbahagia dan berpikir positif seperti buku-buku psikologi yang di bacanya. Bahaginya terkadang sesimple menghabiskan waktu di kamar yang di desainnya sendiri untuk kado ulang tahun ke 20-nya ditemani buku-buku bacaan, leptop dengan koneksi internet atau mesin jahit.



Visi dan Misi?

Punya 100 bucket mimpi yang disimpannya di evernote untuk di baca berulang ketika semangatnya meredup. Sempat berencana untuk di publish di blog. Karena katanya, ketika kita punya mimpi, kita harus menyebarkannya. Agar semakin banyak orang tau. Yah, siapa tau ketika orang tersebut memiliki impian yang sama, akan tergerak untuk bergabung dalam mimpi tersebut. Sehingga dengan kekuatan kolaborasi, mimpi tersebut akan lebih cepat tercapai.

Ghea ingin kehadirannya selalu memiliki makna dimanapun dan bagi siapapun. Dia ingin membuat sesuatu yang akan tetap bermanfaat sampai ketika dia 'sudah-harus-berpulang' sekalipun. Ada banyak project yang sudah ada dalam pikirannya menunggu relasisai nyata. Tulisan-tulisan yang di share di blog ini, adalah salah satu dari project-nya dalam membagikan mimpi dan inspirasi, yang harapannya akan tetap ada kapanpun. Bukan kumpulan cerita motivasi memang, tetapi lebih tentang sharing pengalaman, pendapat dan sudut pandang. Yah, siapa tau bermanfaat.

Mimpi masa kecilnya adalah menikah muda dan bisa membangun keluarga dan generasi yang luar biasa. Selalu suka membaca family blog sejak SMP, dan rata-rata semua blog tersebut sangat pandai mengemas cerita keluarga mereka menjadi kisah inspiratif dan menarik. Itu salah satu hal yang membuatnya bermimpi memiliki keluarga islami, moederen dan creative serta dapat memiliki impact untuk sekitar.

Punya mimpi besar untuk dapat membuat sebuah bisnis yang dapat menyejahterakan keluarga besar lalu kemudian lingkungan sekitar. Itu kenapa sejak saat ini berusaha untuk menekuni pait manis dunia creativepreneur. Dia ingat pesan alm papanya tentang " Bahwa orang sukses itu bukan dari seberapa banyak yang di dapat, tapi seberapa banyak yang dia berikan". 

Project


Saat ini ghea disibukkan oleh beberapa pekerjaan yang kesemuanya memiliki aroma entrepreneur. Saat memutuskan untuk resign, dia sudah paham betuh bahwa apa yang akan ditekuninya setelah ini akan lebih menantang dan tidak mudah. Tapi sejak kecil dia memang ingin bergelut di dunia wirausaha seperti apa yang dilakukan alm. papanya. Dan lagi, menurutnya, berdagang adalah salah satu cara mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW, pembuka pintu rezeki. Tapi tidak semua semulus kelihatannya. Dia masih belajar, masih dalam tahap mencoba - mengevaluasi - mencoba ulang - mengvaluasi kembali - mencoba lagi dan serangkaian proses trial dan eror.

Being an entrepreneur and turning your ideas into a reality is like being on a roller coaster ride in the dark… you feel alone, you feel scared, there are ups and downs, you haven’t got a clue what’s coming next, but all the while you feel exhilarated, it’s exciting. You’re smiling, even though on the inside you’re thinking ‘what the hell am I doing!?’  - well said by carrie

Ghea disibukkan oleh 3 hal, dia tahu, bahwa seharusnya dia berfokus dahulu kepada satu baru merambah ke lainnya. Tapi seperti tadi sudah kita bahas, tipikal gemininya kuat. Hingga tanpa sengaja sudah menggeluti tiga hal yang kesemuanya adalah kesukaannya. Tetapi ketiganya memiliki benang merah dan saling support menyupport satu sama lain. Pun dia juga memiliki partner luar biasah di masing-masing kesibukannya.



Merupakan project sejak SMK yang dimulai berdua dengan teman sebangkunya, Nana. Dengan latar belakang dua anak perempuan yang ingin menggeluti hobinya diluar kesibukan sekolah yang mostly tekhnik banget. Appleberry awalnya adalah sebuah blog yang membahas tentang resep makanan, crafting, tutorial diy, review tempat, lifestyle, fashion, interior dan hal-hal 'cewek' lainnya. Pelarian mereka berdua dari kejenuhan belajar basis data, jaringan, elektro, dan deretan bahasa pemrograman.

Tetapi setelah lulus, mereka berdua sama-sama memutuskan untuk bekerja di Jakarta dan menysihkan pendapatan awal mereka untuk mulai menekuni bisnis dengan label appleberry. Menjual beragam benda handmade untuk dekorasi rumah, kado, fashion, dan lain sebagainya.

Appleberry harapannya bisa menjadi wadah yang merangkul banyak orang di sekitarnya untuk ikut bergabung dengan mimpi yang sama. Ghea dan Nana punya harapan bahwa di beberapa tahun kedepan, Appleberry bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

DUBIDAM (www.dubidam.com)


Dubidam adalah pekerjaan yang tidak terlalu jauh dari dunia-nya ketika SMK. Bermula dengan Febrian dan ilham, dua sahabat dekatnya, dimulai dari kesukaan mengikuti kompetisi bersama sampai mulai menerima beragam project pembuatan website. Lalu beriringan dengan waktu, menambah jumlah anggota.

Orang banyak mengenal dubidam karena rumah-belajarnya, atau hoblaa-nya. Sebuah project berbasis pendidikan yang terpaksa harus terpending karena satu dan lain hal.

Sejak lulus dari SMK Telkom, timnya tersebar ke beberapa daerah yaitu Bandung, Jogja dan Malang. Karena kesemuanya masih menjalani masa-masa kuliah sehingga terpaksa harus bekerja secara LDR.

PICTALOGI (www.pictalogi.com)


Yang menjadi pekerjaan utama ghea setiap harinya hingga hari ini. Dimulai dari sebuah kepercayaan untuk mengkonsep ulang, membuat dia menjadi semangat sekali untuk menjalankan project ini. Terhitung dimulai dari 2015 february, ghea mulai terlibat dalam pictalogi. Merubah ulang beberapa konsep produknya, merancang ulang startegi marketing, memulai semua social media-nya dari awal hingga meredesign website. 

Dia begitu senang terlibat untuk mendesign website pictalogi, seperti bernostalgia dengan pekerjaan lamanya kala di kantor yang memang sempat menjadi web designer. Dia juga belajar hal baru tentang memfoto produk, tekhnik menjual, mematangkan produk sampai dengan bagaimana berhubungan dan memenangkan hati customer. Ini bukan sekedar project untuk bekerja, tetapi lebih sebagai media untuk berexplorasi.

Masih banyak harapan dan mimpi yang ingin dia raih bersama pictalogi dan timnya.

Welcome!

Itu tadi sedikit banyak tentang ghea. Selamat datang di tempat dia menuliskan banyak hal-hal seputar kehidupannya dan pemikirannya. Semua yang ditulis disini adalah sudut pandang pribadinya yang hampir kesemuanya hanya opini semata. Jika ada kurang dan lebihnya mohon di maafkan.

Semoga ada manfaatnya. Silahkan share hal-hal yang memang menurut kalian bermanfaat, atau berkomentar dimanapun. Ghea sangat suka berinteraksi. Have a good day!


Warm regrads, 

ghea safferina adany

You Might Also Like

13 komentar

  1. huehehehe detail banget about me yang sekarang ghe :o
    jadi kamu sekarang sekampus sama iklima dong ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail mas wkwkw, dan akan di revisi terus terusan, di tambahin kalo ada yang baru-baru wkwk. Lama lama jadi history~

      Iya mas sekampus, aku disana dulu terus iklima masuk :D

      Hapus
  2. Nostalgia ghe baca satu persatu kata di about me mu. Walaupun banyak typo tapi otakku bisa cepat tau apa artinya kok. Hehe

    Aku pertama kali baca blog mu itu tentang kamar mu. Inget banget waktu itu di kelas nyari wifi gratisan. Haha.

    Good luck ghe. Ga sabar ketemu beberapa bulan lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah syus kabari typo typoku dong, aku jadi inget dulu yang punya batavianet sampe nyamperin ke bangku-ku langsung pas aku jadi penanggung jawab emagz buat ngoreksiin typo. Katanya " Ngetiknya sih cepet, tapi miss typonya parah" HIKZ

      Iya dulu kamar berantakan sok pd di fotoin muluh, dasar ghea wkwk

      See you soon my dear! Ga sabar juga ketemu kalian (...dan degdegan)

      Hapus
  3. Blogger idolaku sejak SMK ehehehe. Good luck Mbak Ghe! Aku dulu paling suka liat karya-karyanya Mbak Ghe yang unyu-unyu (karyanya loh ya)) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orangnya juga unyu kok ris... Dibalik sebuah karya unyu, pasti pembuatnya nggak kalah :3

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Ghee.. tadi aku sempet liat dimana typonya.. hihi. Semoga bisa direvisi. Ada kata perteman (pertemanan), muda (mudah), relasisai (realisasi),moederen (modern), Dan leptop (laptop). Yang leptop ntah typo atau sengaja :D oya, sama Ada foto yang tulisannya "stop wishing, start doing" aku lebih suka kalo tulisannya jadi "stop dreaming, start doing" because usaha tetap harus disertai do'a.;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa udah di revisi hihi. Itu wishing dalam artian berharap harap doang gituu, tapi tetep praying :))

      Hapus
  6. sejak pertamakali kenal Ghea waktu tes masuk SMK,
    MOS lari2an bareng, sampei jdi tmen sebangku pas kelas 1 :v never stop adoring you Ghe!
    proud to be your friend ^^
    semoga Allah memudahkan segala urusanmuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn vanyykuuu! Ih iya kita temen dari jaman susah yah van haha.
      Makasih udah jadi temen super pinter yang ngajarin ini itu kalo aku kebanyakan skip pas kelas 1 sok sibuk organisasi dulu haha.
      Amin amin, semoga vany juga senantiasa di mudahkan di rahmati oleh Allah...

      Hapus
  7. Januari awal2 ini aku sempet ketemu mbak ghea sama mas hanif jalan di matos. Mau nyapa tapi malu wkwk. Kalau bahasa jawanya, tak sopo lakok dibales "kon sopo?". Takutku kyk gitu mbak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih sapa aja gapapa, kan bisa jadi kenal dari pada nggak disapa nggak kenal kenal nanti :D siapa tau bisa jadi sodara hihi :p

      Hapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts