Behind the Scene Lomba Web Machung

01.23

Halooo, sekarang saya mau cerita tentang masa-masa yang menurut saya luar biasah banget. Masa-masa yang memberi saya banyak pengalaman baru, pelajaran baru, bahkan sahabat baru. Saya mau cerita tentang "behind the scene" lomba web tentang wisata indonesia yang diadakan sama machung. Cerita nggak berniat mau pamer sok-sokan abis menang lomba gitu, engak. Sama sekali engak. Saya cuma mau berbagi cerita tentang apa aja yang saya dapet dari lomba ini.

Kebetulan, saya tau kalo machung ngadain lomba udah mulai pas acara di machung (buka) dan pas itu kaka kelas saya alumni telkom bilang gini ke saya sama beberapa temen saya " Ikut aja rek, pengalaman. kalian nyari temen bertiga. seng satu design, seng satu program, seng satu slicer. wes gak usah mikir menang kalahnya, ikut aja anak telkom smuanya" ....dan pas masnya bilang gitu saya respon cuek hahaha, jujur yah pas itu saya nggak punya gambaran sama sekali tentang web itu gimana. Saya juga gak mikir bisa bikin web. Soalnya kan di sekolah di ajarin dasar-dasarnya yang emang dasar banget, jadi gak bisa bayangin bikin web yang sampe jadi gitu, karena merasa tak mampu saya pun cuek.

Nggak taunya pas di bus dari machung ke sekolah, saya duduk deketan sama ipad. Saya cerita aja iseng tentang lomba web itu, dan dia tertarik. " Ikut ayo ghe cari pengalaman" saya sih oke oke aja tapi saya udah bilang di awal ke ipad kalo saya itu belum terlalu bisa apa-apa dan ipad kan baik dia tetep ngajak saya meskipun saya udah jujur gitu. Itu kalo nggak salah desember/november gitu sementara lombanya masih february. Kita nggak tau tema dllnya, kita sih santai terus sampe akhirnya gak kepikiran hahaha.

Setelah obrolan singkat yang cuma iseng itu ternyata saya sama ipad ngobrol lagi tentang lomba itu. Karena sekelompok tiga orang, keluarlah nama ilham farobi yang bakalan kami berdua tawari buat join di team hasil observasi kita beberapa saat disetiap pelajaran PHP, kayaknya anak satu ini berpotensi, syukurlah  pas di tawarin si ilham mau. Horeeee! itu desember, tema juga belum ada dari panita.

Ipad atau febrian imanda yang paling rajin memikirkan kedepannya di bandingkan saya sama ilham yang santai-santai. Dia nge-download-in si ilham banyak banget tutorial web (html, ajax, jquery, css) dan berharap si ilham mulai belajar tentang web karena emang kita (kelas 2) sama sekali belum pernah bikin web yang jadi total. Paling kita bikin form dikit, atau bikin apa gitu, tapi gak pernah utuh emang. Jadi ipad nyuruh si ilham belajar. Pas itu tema keluar temanya visit indonesia. Saya yang emang cuma bagian ngerancang konsep, desain sama nyari konten mulai sering browsing. Itu lomba h-sebulan.

Ternyata, saya diajak lomba sama temen saya si ical (open) di stikma yang akhirnya membagi perhatian saya. Saya konsen ke lomba di stikma buat beberapa waktu dan ninggalin tugas nyari konten hahahaha. Nggak cuman itu, banyak hal lain yang terjadi yang membuat kami jalan di tempat dalam waktu yang lama (duh ghea bikin sedih tim aja nih ya grr)

Sampe h-10 hari pas rame-ramenya daftar lomba kita masih belum start. Design gak punya gambaran, konsep rancau. Kita pun galau ikut apa engak. Sedih banget pokoknya. Apalagi setelah tau banyak kelas 3 ikutan lomba juga. 13 tim dari kelas dua langsung mundur sampe tinggal 2 tim. Soalnya emang kelas 3 pada dewa banget pengalamannya banyak. Ipad pun berkata " Kita udah lumayan start meskipun pasti kalah jauh dari kelas 3nya, tapi apa salahnya juga kita ikut. itung itung cari pengalaman" jadi kitapun maajuuuuu jalaaaan!

Kita ngubah konsep udah berkali kali hahahaha, mulai dari design gagal total yang kita semua kalo lihat design itu mesti ngakak nggak kelar-kelar karena mual banget gitu designnya HUAHAHAHAHA (barusan saya edit di 2015, sampe hari ini kalo kita inget desain itu masih ketawa loh!). Sumpah kita newbie banget pas itu, nggak tau gimana sih website yang bener itu. Kita bener-bener buta, gak punya gambaran. Tapi untung banyak banget orang yang lebih berpengalaman membagi pengalamannya ke kita. Terimakasih Pak Agung, Pak Rahmad, mas zam (pakzam), mas haqi dan timnya (mimi creativ), mas dhuta pratama, mas dany rizky, mas yaniko. buat saran-sarannya, buat kritik komentarnya, buat waktunya.

H-5 kita sama sekali belum buat padahal kelompok lain udah jadi banyak persen. Kita pun galau, saya sempet down ngerasa pesimis tingkat tinggi yang mikir webnya gak bakalan selesai. Karena disamping kita tiap hari repot, banyak tugas, kita juga masih merangkak buat webnya (masih awam). Saya pun galau tingkat dewa (ini lebay amat sih kalo cerita). Tapi terus ipad, tiba-tiba ngambil hape saya dan keluar kelas, dia balik beberapa saat kemudian tapi saya nggak sadar dan nggak mikir apa apa. Saya sih mikir ipad pinjem hp buat nge-game atau apa gitu. Padahal anda tau apa yang ipad lakukan dengan hp saya? ipad pergi ke lemari trophy depan ruang sarpra dan moto piala lomba webdesign machung yang di peroleh tahun kemarin. Dia bilang ke saya, "katanya pingin punya ini? masa semangatnya udah berhenti sampai sini? kalo kamu down, lihat ini (nunjuk gambar di hp saya) pasti bangga banget ghe kalo kita bisa kasih ini buat keluarga kita, buat sekolah kita, buat temen-temen kita. ayo bikin diri kita jadi bermanfaat" sumpah demi apa tapi pas si ipad bilang gitu, saya terharuuuu bangeeeet. rasanya ada siraman semangat yang langsung merubah pesimis saya jadi optimis. yey ipad thanks a lot :)

  

ini foto yang tiba-tiba ada di hp saya, ipad yang ngambil. buat nyemangatin saya. hahaha biasa bisanyaaaa :)) 

Pulang sekolah pas itu lagi jamannya osis cup, kita jadi galau antara ngerjain lomba sama dukung kelas. Tapi kita pilih dua-duanya dooongs hahahaha. Kita ngerjain di ruang osis karena kebetulan saya pengurus osis, dan para pengurus lainnya lagi ngurus osis cup, jadi nggak papa ngerjain disana toh kita nggak ngisruh. Disana saya sama ilham baru dapet ide setelah sekian lama sering kumpul bareng. Saya ambil kertas HVS, dan saya gambar konsepnya. Hari itu kita selesai bikin design dari halaman awal sampe 5 menu lainnya. Konsep di fixkan dan kita pun ngebut ngerjain web dalam 4 hari kurang.

Buat yang udah suhu, master atau yang udah pernah buat web mungkin 4 hari itu udah lama, tapi buat kita itu sesuatu banget hahaha. Kita begadang terus terusan TT. Karena beneran wes kita itu awalnya newbie banget. Kita bertiga nggak ada yang pernah buat web dari awal sampe akhir. Kita nggak ada yang tau web yang bagus itu harus gimana. Si ipad sama ilham hampir tiap hari kalo malem ke rumah saya, tapi kadang kalo pulang sekolah mau ngerjain, kita ke rumah si ilham hahahaha.

Karena kita emang sempet ngerjainnya pas malem, kita jadinya kalo kumpul sampe maleeeem bangeets hahaha, ya ampun. tapi karena orang tua kita semua pada percaya dan kita juga nggak macem macem, dikasih izin deh hehehe. Coba ya kita di sekolah hampir gak bisa ngerjain padahal pulang paling jam 4an ditambah jam lain-lain (acara sekolah, kumpul ini itu, kerja kelompok). terus ngerjainnya kapan? ya malem itu. Di sambi garap pr, di sambi belajar buat ulangan besoknya. Pokoknya sesuatuu bangeeet. Jadi sebenernya kalo di itung nggak sampe 4hari kurang garapnya. abisnya banyak kegitan lain daripada garap.

Tapi dari semua yang terjadi, saya hampir tiap hari barengan terus sama si ipad sama ilham. Di kelas sering bertiga. Ke kantin bertiga. Sholat sering jamaah bertiga. Ke rumah si ilham. Ke rumah saya. pokoknya sering bertiga. Kita jadi saling ngenal satu sama lain meskipun awalnya nggak kenal. daaaan saya harus bersyukur untuk hal ini. karena saya di pertemukan dengan dua orang yang know me so well hahaha.  Mereka berdua nggak pernah bosen ndengerin curhatan galau saya dan mereka ngertiin saya bangetlah hahaha. Makasih ya kalian berdua cahabat baiks saya :3

Ini foto pas kita lagi seteres banget, kita udah emosi masing-masing. Ohya lupa, kerja bertiga yang butuh satu pemikiran gini emang sering banget ada beda pendapat. Tapi mesti selesai, yang susah kalo yang satu lagi onfire semangat banget sementara ada yang lagi di puncak kemalesan. Itu sering banget terjadi hahahha. Kita gak jarang sama-sama emosi, pengen marah-marah dll. Tapi gak lama kita udah ngakak lagi. Kayak foto ini, sebelumnya kita galau maksimal notok jedok. muka udah pada suram. pas saya ajak foto-foto langsung sumringah. Ternyataaa ipad dan ilham kaa kaa kaliaaan doyan kamera *mendadakhening* 

Ini pas ngerjain di rumah saya dan udah malem banget hahahaha. rumah saya itu kan kecil banget lah kotak gitu aja tapi tinggi "tumbuh itu keatas bukan kesamping". karena emang berada di perkampungan padet gitu, masuk gang keciil bangeeet baru nemu rumah saya. hahaha. Jadi meskipun udah malem pintu di buka gak kuatir karena emang masuk gang kecil yang jarang di lewatin manusia hahaa. Sekecil kecilnya rumah saya, saya sayaaang banget sama itu rumah, "apapun keadaannya rumah ini adalah album yang nyimpen banyak banget memori. mulai saya dede bayi juga udah di rumah ini. hampir 17 tahun" #kok jadi bahas rumah? yaudah silahkan lihat foto 'gila' kami hahaha


ups ada buku agama HAHAHA. itu besoknya kita ulangan agama. jadi disambi sambi deueeeh. ciyeeh. tapi yang belajar saya doang sih, mereka mah fokus, tapi belajarnya sambil diucapin keras-keras biar mereka ikut denger dan ikutan kena cipratan ilmu (apanzih ghe)


rumah saya itu mini banget, diisi sama mereka jadi makin mini? hahahaha
SNACK! ya ampun kita kalo lagi kerja banyak makannya sumpah sumpah sumpah hahaha

ini efek tripod gagal, muka saya kepotong HUAAA sedih banget. mana berkali kali kepotong terus. ini sebenarnya nasib atau apa sih *usapairmata*. ini saya sama yang namanya ilham farobbi atau chun
TRIPOD BERHASIL! yihaaaaaa. saya muka muka tertawa bahagia hahaha. ini ngantuk maksimal loh, apalagi ada si jumbo di panguan saya yang bisa membuat saya tetidur kapan saya saya mau hahaha.

hahaha ini foto abis galau. jam sepuluhan kalo nggak salah. mereka berdua emang udah sesuatu banget buat saya sekarang, thanks ipad and ilham for know me so well :) yang merah itu ipad, yang biri itu ilham. yang merah biru itu saya. hahaha. baju kita kok pas banget saling melengkapi gitu (eeaaa)


  
Nih saya kasih bonus printscreennya web kita, kalo mau nonton yang asli klik aja (klik) sumpah emang newbie bangeeets hahaha. tapi alhamdulillah kita lolos tahap final. Lagian berasa seneng aja kita belajar ilmu baru gara-gara ini. Ntar postingan pas lomba nyusul yah :)

ghea safferina adany 

You Might Also Like

5 komentar

  1. webnya bagus mbak :)
    kapan2 aku mau diajari buat web juga mbak.

    BalasHapus
  2. aaaah makasih dek :)
    minta ajari ke dua teman saya yang dewa saja, hahaha. aku cuma nyemangatin tok dek isinya huahahaha :p

    BalasHapus
  3. ghe bantal sama mie mayonize :3
    hahaha
    kangen bantal :3
    hahahaa

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Pertama Kenal web dari temen dan itu trnyata punya mbak ghea.
    bingung lihat script kaya gitu, tapi akhirnya paham juga hehe
    keinget juga pertama ikut lomba web di machung ...

    BalasHapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts