Menjadikan Bakrie bertaraf Internasional

14.53


bakrie CEO
        

   Bakrie. sebuah sebutan kata yang tidak umum terdengar di masyarakat indonesia. mulai dari perusahaan batu bara, kilang minyak, agribussiness, telekomunikasi, properti rumah dan bangunan, dan infrastructure. atau mungkin orang lebih kenal lagi dengan lapindo tentang bakrie. itu semua keumumam bakrie yang terkenal di negeri indonesia ini. namun bagaimana dengan dunia internasional? pernahkah kita mendengar itu semua? mungkin hanya minoritas kita yang mengetahui tentang hal itu.

Dalam topik ini, yang ingin saya utarakan adalah bagaimana bakrie group ini bisa go internasional dan diakui internasional pula.berikut planning saya jika menjadi CEO Bakrie Group.

1. Membuat Rumah Sakit Internasional sesuai dengan standar Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) serta dikelola oleh putra putri bangsa indonesia.
2. Membangun Sekolah Berakreditasi Baik dengan memanfaatkan perusahaan bakrie group sendiri. bakrie and group memiliki perusahaan telekomunikasi yang mungkin bisa membangun Sekolah ICT yang dikembangkan oleh Human Resource bakrie tersendiri. bakrie and group juga memiliki properti rumah dan bangunan, sehingga bisa membangun sekolah mengenai properti dan infrastructure (arsitek, tehnik sipil, dsb). 

Tujuan saya yang pertama mengenai Rumah Sakit Internasional adalah Memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia untuk berkarir di perusahaan milik indonesia yang berkancah di internasional. mari kita pikirkan lebih jauh lagi. kenapa sekarang  banyak orang pandai dan berprestasi di sekolah dan instansinya, lebih memilih kerja atau sekolah di luar negeri? mungkin salah satunya adalah faktor kurangnya pemanfaatan SDM di Indonesia. karena mereka merasa lebih dihargai ilmu dan jasa nya di negeri lain. atau bahkan gajinya lebih menjanjikan daripada di indonesia yang mayoritas telah diraup oleh tikus -tikus nakal. Kemudian, Saya bertujuan pembangunan rumah sakit tadi sesuai dengan MBNQA untuk mengukur kinerja institusi. mungkin dibuat untuk mengukur kinerja sistem manajemen di Rumah sakit tersebut. dana saya yakin dengan standarisasi menggunakan Malcolm Baldrige itu mampu membawa bakrie and group memperoleh nilai maksimal untuk mencapai goal. dengan didampingi nilai dasar serta konsep yang memenuhi poin poin  berikut

a. Leadership
b. Learning and education
c. Organization and personal learning.
d. Value of employee and partner
e. Agility
f.  Focus of the future
g. Manage innovation.
h. Public responbility
i.  Focus on result
j.  Creating value

dan juga saya ingin mendaftarkan segaian saham bakrie ke bursa efek dunia dengan standar SOA (Sarbanes Oxley Act).
Dengan Malcolm Baldrige, mendaftarkan saham ke bursa efek dunia serta sesuai dengan Sarbanes Oxley Act pasti mampu membawa Rumah sakit tadi terkenal di dunia. dan tentunya tanpa mengesampingkan perusahaan yang lain. berharap semua bakrie and group bisa terkenal di internasional dengan membawa putra putri bangsa indonesia.

Kemudian tujuan saya yang kedua mengenai pembangunan sekolah yang dinaungi Bakrie group sendiri adalah menciptakan Sumber Daya Manusia yang sempurna. juga berharap mampu membantu tujuan saya yang pertama. sehingga timbul pemanfaatan yang kompleks. menciptakan dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia di Negeri Indonesia. sebagai contoh, bakrie memiliki perusahaan telekomunikasi. lantas dibuatlah sekolah ICT yang berisi siswa dari putra putri indonesia. dengan fasilitas yang memadai serta pengajar yang berasal dari bakrie telecom pula. kemudian setelah lulus dengan tujuan menciptakan SDM yang sempurna, bisa dimanfaatkan untuk perusahaan bakrie telecom sendiri. atau dimanfaatkan untuk pengembangan ICT dalam proses pembuatan rumah sakit internasional tadi. itu hanya sebagian kecil contoh yang mungkin bisa diimplementasikan untuk kedepannya. bisa jadi mengenai sekolah ini adalah bentuk kepedulian bakrie and group kepada bangsa indonesia. misalnya dengan adanya program sekolah gratis atau beasiswa. diusahakan tidak hanya jenjang universitas, namun mulai dari jenjang dasar sampai tingkat lanjut atas.

Strengths

Bakrie and group memiliki banyak anak perusahaan. mulai dari usaha minyak, telekomunikasi, infrastruktur, properti, dan banyak lainnya. hal itu menunjukkan bakrie merupakan perusahaan yang benefit unutk menuju internasional. kemudia jika berbagai macam perusahaan tadi dimanfaatkan menjadi satu untuk pengembangan rencana rumah sakit dan sekolah tadi, tentunya akan bermanfaat sekali. misalnya membutuhkan tim pembangunan gedung dan lahan, bisa memanfaatkan perusahaan infrastruktur. membutuhkan properti rumah sakit dan dan sekolah, bisa memanfaatkan perusahaan properti tadi. membutuhkan sarana informasi dan telekomunikasi untuk promosi dsb, bisa memanfaatkan perusahaan telekomunikasinya. dan sebagainya.
   Dengan Sumber Daya Manusia nya, bakrie bisa bekerjasama dengan putra putri indonesia yang berprestasi. sehingga mampu menciptakan manfaat yang banyak. mulai dari menciptkan lapangan pekerjaan, lalu dengan memanfaatkan putra putri indonesia yang berprestasi untuk berkarir di tingkat internasional. sehingga SDM di indonesia merasa terhargai, daripada mereka yang berprestasi pergi ke luar negeri dan bekerja untuk negeri lain.

Weaknesses

  Sejauh ini, Mayoritas masayarakat Indonesia yang jauh dari area bakrie and group itu belum mengetahui bakrie and group itu apa? bakrie and group bekerja di bidang apa? atau sejauh ini hanya masyarakat umum hanya mengetahui bakrie itu penyebab lumpur lapindo di sidoarjo? dan masih banyak lagi yang bisa menjadi pertanyaan masyarakat indonesia tentang bakrie group.
Menurut pendapat saya salah satu kekurangan bakrie group adalah kedekatan pihak bakrie group ke masyarakat indonesia itu kurang maksimal. hanya masayarakat kota yang mengerti tentang bakrie group. itupun tidak seluruhnya. padahal perusahaan bakrie sangat besar sekali di indonesia.
Solusi saya adalah kembali lagi pada strengths tadi. bakrie memiliki perusahaan siaran televisi,informasi elektronik,dan telekomunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan dan mempromosikan bakrie group ke masyarakat umum. sehingga menjadi wadah in formasi masyarakat untuk memenuhi tujuannya, entah butuh informasi lowongan pekerjaan, mitra kerja, sarana pendidikan. dan sebagainya. Misalkan dengan adanya Rumah sakit internasinal  bakrie bisa di promosikan ke seluruh khalayak umum, sehingga mereka tau seluruh informasi yang bisa di manfaatkna masyarakat indonesia

Oppurtunities

Indonesia Merupakan Negara Berkembang yang telah dikenal banyak negara. memiliki banyak kerjasama bilateral dengan negara lain. untuk menjadi perusahaan yang bisa dikenal di dunia internasional, ini menjadi satu langkah emas. karena dalam langkah awal nya, indonesia sudah memiliki kerjasama yang baik dengan banyak negara. baik negara berkembang maupun negara maju.
Bakrie harus bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari mitra kerja dari luar negeri dan mampu menjalin kerja sama yang baik. atau juga bisa menjadi suatu langkah awal bakrie unutk menawarkan saham ke dunia. dan juga sebagai media promosi produk produk dari bakrie sendiri.

Threats

Ancamannya jika benar benar membangun rumah sakit internasional dan sekolah adalah kepercayaan orang lain terhadap bakrie group. tantangan untuk membangun reputasi yang tinggi itu adalah musuh yang paling besar dalam setiap perusahaan. maka dari itu, solusi saya adalah membangun sosialisasi dengan seluruh masyarakat indonesia tentang pengembangan proyek ini dan juga memperkenalkan bakrie group. setelah itu mampu dicapai dengan baik, maka dilanjutkan dengan mencoba sosialisasi dengan masyarakat internasional.

   Semoga semua yang saya ungkapakan dalam blog bisa menjadikan perubahan yang positif bagi perusahaan bakrie group unutk menjadi lebih baik. demikian apa yang saya ungkapkan bila saya menjadi CEO bakrie, terima kasih dan Sukses untuk kita semua! :)

You Might Also Like

5 komentar

  1. Keren, semoga tambah sukses. Matep tulisannya (:

    BalasHapus
  2. salah satu calon penulis muda kelas dunia nih....aku suka gaya penulis terstrukturnya, kelihatan penulis scientis, analisa permasalahan sudah bagus, cuma kurang ditonjolkan fakta berdasarkan pengukuran pasti dengan angka-angka yang membuat argumen tak terbantahkan. penulisan masih berupa opini.

    but over all i like it. this is the best one young talent. congrat

    BalasHapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts