compfest 2012 : presentasi #jakarta2

Wednesday, October 24, 2012

sabtu, 13 oktober 2012 adalah hari kedua kita di jakarta. hari itu kita bangun udah ada sensasi tegang-tegang gimanaaa gitu. secara, malamnya kita belum latihan apapun buat presentasi karena kemaren ada senam di tempat fintes dimana muskinya kenceng berdebum-debum sampe ke atas kamar meskipun udah ada peredamnya tetep aja kerasa berdebum-debum bikin ipad sama ilham relflek ikut goyang sesuai nada (eh). kemarennya juga kita sibuk promosi web buat di vote. ohya maaf ya buat semua temen-temen saya di fb yang udah saya rusuhi fbnya dengan promosi promosi nggak tau waktu haha. abisnya itu pas malam masa genting banget, musuh besar kami itu binus university haha, selalu kejar-kejaran angka. tapi hari sabtu itu dari sore kita udah lumayan lah unggul 150 angka lebih. baru jam 10 lebih sekian pas saya tinggal kedepan sebentar eh balik kita udah ketinggalan jauh. sumpah. dan pas final jam 12 kita kalah vote online sama binus. (kok jadi melenceng gini sih ceritanya)

mari balik ke pagi hari, bukan cerita malam hari. jadi, kata mbak dinda jakarta itu macet jadi kudu buru-buru. mana pas itu om rudy lagi ada proyek di pelabuhan tanjung priuk jadi awalnya bingung ini berangkat sama apa, saya sih udah gapapa aja misal berangkat sama angkot tapi mbak dinda gak ngebolehin " kalo telat ntar gimana coba? lagian kalian ga tau jalan gitu kok gaya berangkat sendiri segala ntar yang ada nyasar-nyasar". kitapun akhirnya naik taxi, sempet sarapan sama bubur ayam jakarta dulu sambil keburu-buru.

bener emang kalo perjalanan macet banget, dan UI ternyata besaaaar banget (yaiyalah ghe pelis) masuknya aja dalem gitu. untung ada ka ditha, kakakanya mbak dinda yang lulusan UI ikutan nganter sambil jadi petunjuk jalan, alhamdulillah ya. dan ternyata kita dateng kepagian gitulah padahal udah sesuai jadwal. UI masih sepi banget, cuma ada panitia aja. kita langsung registrasi terus di anter keruangan gitu. kadang dilihatin juga sama mas mbaknya sambil di tanyain dari mana dek? mereka heran kali ya kok pesertanya masih pake seragam putih-putih?

kita dateng, duduk, langsung belajar presentasi karena kemaren malemnya nggak ada persiapan sama sekali. itu adalah masa-masa dimana kita udah mulai tegang aja, efek suasana kali ya. nggak lama pasukan dari binus dateng, kita terus bisik bisik "nah itu dia yang ngalahin kita tadi malem" nggak taunya kita di datengin sama pak muchlis, pembimbingnya binus "wah ini dari igi moklet ya? hihi seru ya kemaren main votingnya" senyumnya merekah, bahagia karena udah menang. saya, ilham, ipad cuma ngangguk aja sambil senyum entah apa. abis itu paknya tanyak lagi "kalian mana pembimbingnya?" kita jawab " kita berangkat sendiri pak, nggak ada pembimbingnya", terus beliau mandang kita sedih gitu semacam ya ampun masa masih sma suruh berangkat sendiri? dari malang pula. "yaudah ntar sekolah ke binus aja, kalo ada event apa-apa ntar selalu di dukung, ini binus deket aja pembimbingnya ikut nganter"

abis itu mulai banyak pasukan lain yang dateng, dari ITS surabaya, UGM jogja, UM malang, sama beberapa kampus lainnya. rasanya seruangan dimana semuanya mahasiswa itu sesuatu banget, sementara di ruangan itu semua pada serius, kita bertiga malah dikit dikit ngakak karena hal hal sepele, sebenernya itu perpaduan lagi nervouse sama menghibur diri. kadang kita juga dilihatin gara-gara sukanya ngikik ngikik bertiga, menyeramkan mungkin bagi mereka. ini anak tiga kenapa sih kok aneh banget.

abis itu acara dibuka deh, ada semacam opening diama ada mas masnya ngeplay vidionya compfest sama ngejelasin tekhnis lomba hari ini sama besok, dan hari ini itu full presentasi, terus itu besok ada semacam vote on the spot dimana kita dikasih booth dan harus ngedekor. apa dekor? kita bahkan gak bawa apa-apa dari malang sedangkan pasukan lain bawa banner, pamflet, dll. abis dijelasin tekhnisnya kita juga disuruh ambil undian gitu buat nentuin urutan maju dan saat itu ipad yang ngambil, alhamdulillah kita dapet urutan ke 4. sambil nunggu giliran, kita boleh nunggu dimana aja yang penting bisa tau waktu kapan balik, karena tiap kelompok dapet kesempatan selama sekitar 35 menit. jadi kan bisa dihitung sendiri kita kelompok keberapa dan harus balik jam berapa. kitapun milih buat jalan-jalan keluar sekalian belajar buat presentasi.

karena kita salah milih pas di lift gara-gara nggak ada opsi buat ke lantai 2, kitapun terdampar di lantai dasar. dan setelah jalan-jalan bentar kita ketemu sama kayak kantin gitu. entah karena itu hari sabtu, tapi kantinnya sepi banget. aha, kesempatan bagus buat belajar disitu. kitapun latihan presentasi beberapa kali, no text lah. cuma semacam pembagian sesi sama tugas bicara aja, abis beberapa kali ngulang-ngulang sambil lihatin timer, kita malah foto foto hahaha apadeh.

ini pas lasgi latihan presentasi di kantin haha eh malah foto-foto mereka sok pamer name tagnya haha

 ipad lagi belajar jadi operator wahaha, saya mana ya saya mana yaaa hiks -_-

edisi foto alay, ntahlahwarnanya juga lagi alay gini nggatau kenapa hiks. ipaad maafkan dirimu tidak fokus haha :p

 dalam perjalanan balik ke ruangan, sempetin foto dulu hahaha. ini sebelum presentasi jadi pasang muka anak baik baik wkwkwk

dan setelah dapet sms kalo abis ini giliran kita, kitapun naik ke atas. itu adalah masa dimana kita udah makin tegang aja. dag dig dug. dan semuanya berlangsung begitu cepat, tim 4 dipanggil, kita disuruh masuk, ipad sama ilham nyiapin presentasi, dan saya berada di depan beberapa juri dan panita. dari dulu saya selalu khawatir kalo bagian opening, tapi dari dulu juga saya selalu kebagian opening. sayapun bismillah terus saya buka presentasinya.

presentasinya meskipun ada halangan di beberapa hal tapi menurut saya udah berjalan lancar sesuai rencana yang ada. mungkin halangannya adalah pas kita lagi ngedemo web, kan resolusinya proyektor lebih kecil, jadi mendadak tampilannya yang muncul itu yang buat versi tablet. agak diluar rencana awalnya apalagi pas ipad yang bagian opertaor berusaha ngecilin tapi nggak bisa. yaudah saya ambil aja kesempatan buat njelasin kalo web kita ini flexibel. tampilan akan berubah-ubah sesuai resolusi dll dan jurinya senyum aja. bagian paling ohno adalah pas awal presentasi si ipad salah mencet shortcut dan malah jadi sleep tuh leptopnya hahaha parah fail banget aduh, sayapun berusaha nutupin dengan ngobrol random tentang kelebihan web. selama presentasi jurinya tersenyum-senyum, bahkan beberapa mahasiswa yang nonton kadang pasang muka ih wow sambil kadang ikut nyeletuk bilang "wih dewaa" -_-

dan masuklah kita ke sesi tanya jawab, jurinya ada dua, dan keduanya baik dan kritis. pertanyaan pertama dari ibu dosen, mukanya kritis banget dan beberapa tim sebelum kita bilang kalo itu ibunya galak, tapi menurut kita ibunya baaaik banget. 

ibu : " sama seperti halnya mahasiswa saya, saya juga terkesan dengan karya kalian. dan saya rasa di balik ini pasti pendamping kalian udah profesor banget, iya nggak?"

kami : " maaf bu, kami mengerjakan ini individu tanpa pendamping" 

(kemudian ibunya pasang muka terkejut)

ibu : " jadi ini tanpa pendamping? padahal dari semua sudah kalian presentasikan, metode pembuatan web kalian sudah seperti profesor, kalian melakukan observasi terlebih dahulu, menjadikan anak sebagai sumber secara langsung, memilih warna berdasarkan color pshycologi, sampe pembuatan web bisa di semua device itu sudah seperti pemikiran seseorang yang sudah profesor. saya terkesan. jika tanpa pendamping, maka kalian dari malang juga cuma bertiga?"
kami : " iya bu, kami bertiga naik kereta kesini, dan ini pertama kali kami ke jakarta" (bagian terakhir ntah siapa yang nyeplos tapi menambah suasana haru dan iba)
ibu : "wah semangat yang hebat. malang terkenal dengan keripik tempenya kan? kalian suka kripik atau kritik?"

kita bertiga ketawa sambil pandang pandangan. 
kami : kita suka keripik bu, tapi mau keritik

ibunya senyum terus ngasih keritk seputar menambah konten dll karena ini webnya udah bagus menurut beliau jadi alangkah lebih baiknya kalo sampe dikembangin dan bener-bener bisa bermanfaat buat anak anak, bahkan beliau sempet ngeritik muka ngantuk kita haha " seprtinya benar-benar berjuang sampe larut malam ngerjainnya"

ibu : "ohya kalian buat ini berapa hari?"
kami : "sekitar delapan hari bu, karena kita tahu lombanya juga di beberapa hari sebelum deadline, jadi kita buatnya ya cuma bisa seigini ini aja karena pengaruh waktu juga"

dan pas itu beberapa mahasiswa pada nyeletuk "kayak gitu tadi bagi mereka cuma segin aja? duh duh dewaa", mereka ngasih penenkanan di "cuma segini aja" saya jadi sungkan sendiri. padahal kita bertiga newbie parah gitu bukan dewa, masih banyak orang hebat-hebat lainnya.

giliran juri yang laki-laki yang tanya, beliau menurut saya nguasai koding dll. masih muda, kritis, dan kelihatan pinter. "jadi awal saya lihat youtube kalian, saya bahkan nggak tau kalian anak SMA, saya itu udah kagum. dan betapa kagetnya saya pas lihat prototype kalian dan di profil saya tahu bahwa kalian adalah anak SMA" terus jurinya komen masalah game, kita salah katagori hahaha aduh malu, tapi semua saran dan komentarnya bener-bener membangun dan kita bersyukur banget atas itu semua. kita juga dikomen sama mereka berdua tentang gaya presentasi kita yang luwes dan nggak dibuat-buat, " bener-bener kerasa kalo kalian presentasi pakek gaya kalian, nggak sok formal dll. dengan gayanya ghea yang memang itu ghea, ilham yang juga memang ilham, dan febrian yang memang febrian. bukan orang lain. dan presentasi dengan diri sendiri ini penting" kata ibunya

kita keluar dari ruang presentasi dengan muka bahagia merekah legaaa banget. akhirnya kita paling nggak udah berusaha outall meskipun persiapannya ndadak banget. kita balik ke ruangan juga masih sambil ketawa lebar gitu, karena masih ada beberapa tim lain, kita turun ke kantin lagi. beli beberapa alat tulis buat persiapan dekor booth, biarin deh nggak bawa standing baner atau apalah itu. kita bisa kok ngehias cuma sama kertas *ngehibur diri sendiri*

kita terus makan siang sambil dijelasin tentang besok itu gimana. dan bahagia adalah pas denger panitai bilang kalo meskipun kemaren menang di voting, belum tentu menang pas final. karena ntar voting itu adalah hasil rata-rata dari voting on the spot sama voting online. subhanallah! jadi masih ada kesempatan buat bikin usaha temen-temen yang ikutan bantu promote dan voting sebanyak kurang lebih 2000 orang itu untuk mendapatkan hasil, meskipun dengan persiapan paling minin tapi dalam hati saya punya tekat buat berjuang besok pas voting. bukan buat apa-apa, tapi biar semua perjuangan temen-temen sampe fbnya kena suspend kebanyakan promosi, sampe kuota menipis buat nyebarin link itu menghasilkan sesuatu.

kita sempet foto-foto loh sebelum pulang, kalo pas fotonya lengkap bertiga berarti difotoin sama mbak-mbak tim ara[i]nya UM hihi kenalan saya jadi mbak mas kuliahan semua ihikihik.

foto sama si ilham atau chun di perpustakaan UI haha sempet-sempetnya, mumpung sepi yasuda deeh

ilham dan ipad di lorong kamar mandi, haha anak alay banget ya? iyadoong mereka gituloh huahaha :p

di ui ada yang beginian looh hihi asiknya :D

bahkan yang begini juga ada, di perpustakaan padahal hahha asik banget yah? iya

juga ada yang kayak gini haha, banyak tempat makan unyu-unyu gitu deh disana asiknyah. itu cuma perpustakannya tapi kayaknya bahkan sekolah saya nggak sebesar perpustakaan UI

nah ini dia foto yang di fotoin sama mbak-mbak UM :D rasanya bangga banget bawa almamater kesini :')

abis foto-foto karena omya ipad belum pulang dari priok, kitapun pulang sendiri naik angkot. tanya sana sini sampe hampir nyasar ke luar depok tapi akhirnya sampe juga hihi, nggak mau ngerepotin mbak dinda dan pengen dapetin pengalaman yang baru sih jadi ya gitu deh kita milih nekat pulang sendiri. naik angkot di jakarta itu beda sama di malang, agak ga nyante, lebih serem, lebih nantang (haha apaaan banget)

okeee, sampai jumpa di jakarta part 3 yah, itu bagian paling seru menurut saya :p

ghea safferina adany

You Might Also Like

13 comments

  1. gak sabar nunggu part 3 nya,,buruan dunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. part tiga sudah doong malah ada part empatnya haha (ehem promosi) :D

      Delete
  2. " jadi ini tanpa pendamping? padahal dari semua sudah kalian presentasikan, metode pembuatan web kalian sudah seperti profesor, kalian melakukan observasi terlebih dahulu, menjadikan anak sebagai sumber secara langsung, memilih warna berdasarkan color pshycologi, sampe pembuatan web bisa di semua device itu sudah seperti pemikiran seseorang yang sudah profesor. saya terkesan. jika tanpa pendamping, maka kalian dari malang juga cuma bertiga?"

    Hahhaha awakmu ancen INSANE ghee :3

    You know who i am :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. i know youuuu hahahaha fachrizal, my another partner wkwkwk.
      am i insane? wusssh you too i think wkwkwkwk :p

      Delete
  3. Salut guys..... Pertahankan semangatmu!!!

    ReplyDelete
  4. Coba kalo kenal aku, padahal aku juga di Depok dan hari Sabtu pula, aku dampingin deh :)

    Selamat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang ya, dulu sebenernya mau ngabarin wikusama tapi takut ntar malah ngerepotin banyak pihak. yaudah karena dulu nggak kenal, sekarang aja kenalannya, salam kenal mas saya ghea angkatan 19 :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. wah, kamu ikutan compfest juga? aku kemaren ikut juga si, tapi cuma jadi peserta seminar. dan kayaknya dulu sempet ketemu sama temenmu si Ipad itu deh. Dia gencar banget gitu kan ngajakin orang2 buat vote, trus karena sama2 dari Sandhy Putra (saya dari Telkom SP Purwokerto) jadi ngerasa terpanggil buat bantuin vote (hallah, hahaa :D)
    keren deh, btw compfest depan ikut lagi nggak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam kenal juga hehehe :)
      iya ikutan compfest 2012, yang tahun ini sih nggak ikutan lagi soalnya udah pada nyebar sehabis lulus. tapi prodak dari yg pas compfest dulu sampe sekarang masih di kembangin terus :)
      wow makasih ya udah bantu vote hehehe, si ipad emang semangat lah pas itu soalnya kita kalah pasukan yang satu wilayah hehehe :D

      Delete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...