Business camp part 2 : yey!

10.09

Hallo pada akhirnya saya bisa juga ngelanjutin postingan ini hahaha, kemaren lagi banyak kerjaan terus sering mati lampu, terus koneksi internet lagi labil sama lagi kejar-kejaran sama deadline psg (alesan aja sih hahaha). kalo yang belum baca yang part 1, mending baca itu dulu baru baca yang ini biar bisa nyambung hihi.

Jadi, Hari kedua saya bangun agak kesiangan karena kemaren malemnya tidur jam 2 pagi hahaha parah, sengaja sih, lagian kan kemaren capek juga ketika paginya dari malang – ke jogja bentar – terus kejakarta, mana yang sempet nyasar di bekasi dll segala kan. jadi harus di maklumin kalo besoknya saya agak kesiangan, lagian saya juga lagi nggak sholat jadi makin harus di maklumin hihi. Sebenernya itu belum terlalu siang masih jam 6an tapi ruangan udah kosong, saya inget mbak sonya bilang ada ujian hari ini dan harus ke UI pagi-pagi banget. Oke. Saya sendirian lagi di kamar *brb senam lantai rolling di karpet*.  Saya langsung ngelakuin beberapa gerakan perenganggan badan sambil nyemangatin diri buat nata semangat seharian. Terus saya juga sms si ilham nyuruh dia mandi biar bisa jalan-jalan keluar soalnya saya pengen mampir ke FMDS (First Media Design School).

Abis mandi saya sambil nungguin ilham malah foto-foto sambil ngisi waktu *ehem alay* hahaha iya saya tau saya alay sedikit (kakakak), apalagi foto sendiri di kaca gitu parah. Abis gimana lagi nggak ada orang lain yang bisa motion sih haha (modus). Setelah si ilham selesai dia jemput saya dan kitapun jalan-jalan bentar doang nggak jadi ke FMDS cuma muterin sahid aja, takut kesiangan buat materi soalnya.

ini ceritanya lagi mau pamer tanda pengenal peserta, efek sering forever alone di kamar jadi gak ada yang motoin, jadinya ya (agak) alay begini hahaha :p

alay di kamar sambil nunggu


mesjidnya grand sahid yang sekompleks sama hotel plus apartemennya

 si ilham kondisi di hari kedua sudah membaik. udah nggak pakek sendal jepit, training dan sweater kayak hari sebelumnya kakakakak :p

Kitapun akhirnya sarapan bareng pak erno di restaurant hotel di lantai bawah. Khusus untuk sarapan kita makannya di sana bukan di ruangan seminar yang makannya sumpah beranekaragam. Dan demi apa makanan di hotel sahid itu semuanya enak hahahaha, banyak peserta lain yang juga muji muji gitu, kalo saya yang bilang kan paling pada ga percaya abis ya orang macem saya sama ilham anak kos begini rasanya makan apa aja juga enak, haha udik. Beda sama peserta lain yang orang-orang keren yang udah keliling hotel sana sini, keliling Negara sana sini, mereka juga bilang kalo makanan disahid emang enak. Jelas aja bintang lima nggak enak parah dong turunin bintang haha.

Memanfaaatkan kesempatan, saya sama pak erno tiap sarapan nggak pernah makan nasi. Hakakakak mendadak bule suer. Selama dua hari sarapan, kita selalu langsung ambil salad, itu ada beranekaragam daging tipis yang bentuknya kayak kornet gitu, terus aneka ragam sauce dan saya nyobain semua huahaha padahal ada tujuh variant atau lebih (maklum kampung), sama keju juga aneka ragam banget mana bisa ambil banyak terserah kita. Saya adalah pecinta keju dan makanan bersauce-sauce jadi saya sangat berbahagia sekali saat itu. Saya coba semuanya juga biar paling nggak pernah ngerasain hahhaa fail, ketauan deh kampungnya. 

Disana yoghut juga ada beraneka ragam warna dan rasa, kyaaaa! Saya yang selalu suka yoghurt dan sering banget overdosis karena konsumsi yoghurt berlebihan mendadak pengen joget joget tapi nggak jadi, harga diri dong kakakaka. Tapi saya menyingkirkan sedikit harga diri, saya tetep ambil yoghurt beraneka ragam, beraneka jenis, beraneka rasa ,Asik! (tapi bergilir dong parah kalo sekali ambil langsung semua, itu mah hancurin harga diri beneran hahaha mana tempat saya makan deket sama bu mentrinya kan malu). Saya juga pada akhirnya minum susu sapi setelah lama banget gak pernah minum susu asli kaerna di jogja ga tau beli dimana. si ilham bikin campuran susu sapi sama mocca sementara saya bikin susu sapi sama blubbery, kita lagi hobi-hobinya eksperimen rasa hahaha parah. Udah makan gituan mulu, kadang kita ambil daging-daging sosis sama bacon ayam dan sejenisnya terus di kasih scramble eggs. Semua itu rasanya enak banget ciyuus! Kadang juga kita ambil bubur ayam, roti mariam, salad buah yang aneka ragam banget, aneka macam dessert yang semuanya enak, ahahaha suer saya perbaikan gizi disana. Dan tiap makan apa aja saya selalu mikir ini buatnya gimana ya hemm, terus sok sok nebak tentang bahan sama cara buatnya (efek lagi hobby baca resep)

selamat sarapan hahahaha! lagi edisi sok bule hahaha



Materi hari itu keren banget, apalagi sekarang saya sama ilham udah pakek baju bener, muka juga udah membaik nggak kucel kucel kayak kemarin wkwkwk. Jadinya kita makin pede buat kenalan sana sini. Missal break acara kita kenalan sama orang baru dan kita nemu orang-orang luar biasah dari yang emang beliau udah developer beneran yang punya perusahaan dan beliau CEOnya tapi jadi peserta juga, ada dosen dari mana-mana mulai dari dosen ITB, BINUS, Paramadina, UI, dll. Ada juga beberapa mahasiswa dari ITB yang selalu antusaias penuh dalam acara dan saya lihat mereka orang-orang muda yang mukanya kelihatan semangat dan antusias banget gitudeh susuah dijelasin, tapi tau kan muka-muka orang rajin dan semangat itu gimana? Yagitu maksut saya haha, mereka developer games-nya nokia, keren kan?

Ada pemenang compfest yang mobile app pasukan dari Madura itu yang baru dapet 30juta pas compfest. Ada suami istri yang kemana-mana selalu bareng mbak talita sama suaminya, mereka peserta inaicta yang buat app rumah sakit dan udah buat kerja sama dengan banyak rumah sakit, mbak talitanya itu dokter lulusan UI dan suaminya lulusan fasilkom UI jadi mereka kolaborasi bareng gitu, keren banget kan? Mbak talita juga ibu muda yang perhatian penuh sama anak, pas hari apa gitu saya sempet dipamerin anaknya dan itu lucuu banget, total aaah gemes. Saya juga ketemu juaranya INAICTA yang tahun ini bakalan berangkat buat lomba tingat internasional apa asia ya? Saya lupaan sih maaf, yang jelas masnya tahun ini keluar negri buat bawa nama Indonesia di tingkat yang lebih lagi “INAICTA itu kan udah kayak sea gamesnya tekhnologi dek, kita juga ada kejuaraan lanjutan. Ntar ikuta dong kalian” kata masnya, beliau lulusan UI.

Ketemu sama orang-orang yang kayak gitu itu antara buat minder tapi juga buat semangat buat melakukan hal lebih, karena kebanyakan mereka yang disana itu orang-orang dengan semangat lebih untuk melakukan hal-hal baru, mereka kreatif banget, kalo bikin pertanyaan juga selalu keren banget, kritis. Saya sama ilham sesekali emang tanya, tapi level pertanyaan anak kuliah sama smk memang berbeda (banget) hahaha. Saya sama ilham juga selalu bingung missal ada yang tanya “kalo kalian kenapa sampe bisa diundang kesini” kitapun selalu saling pandang kemudian mengikik ngikik menyeramkan sambil angkat bahu hahaha parah. Kita jelasin kalo kita ikutan compfest dan buat rumah belajar tapi itupun masih belum di launch, beda sama mereka semua yang udah punya project nyata, tapi mereka malah selalu apresiasi semacam “wah tapi kalian hebat masih smk bisa ikutan acara ini, keren dek, salut. Dulu aku seuisa kalian belum bisa apa-apa. Tetep semagat ya” rata-rata orang berkata seperti itu.

Bahkan pas materi pak fredy,  dosen UI yang juga pengacara terkenal pas nyampein tentang tata cara mendaftarkan usaha, perijinan, dll beliau sempat tanya “ yang di tempat ini udah lebih dari 22 tahun semua kan? Atau masih ada yang 20 mungkin?” hahaha kami bahkan belum sampe 20, masih 17.

 Oke skip. Bertemu mereka juga adalah sesuatu baru buat saya. Saya sering excited sendiri missal kenalan sama orang, contohnya aja pas pak bryan (yang punya tutor.co.id dan paling suka ngasih saya sama ilham kritik pedas tapi kena sasaran) beliau ngenalin saya sama orang yang lagi makan di deket kami pas lagi break “dek kenalan ini lo sama mas ganteng, masih muda udah sukses” saya lihat masnya, iyasih muka-muka sukses usia muda, kitapun kenalan. Eh ternyata masnya dari ‘vokado’ saya langsung bilang “wah pas kapan gitu saya pernah baca tentan vokado di SWA loh mas, eh ternyata sekarang ketemu sama ownernya hahah sesuatu banget kan” masnya Cuma senyum-senyum gitu haha, sambil mau pamitan karena domisili di Jakarta dan banyak hal lain yang harus dikerjain, dia nggak nginep.

Atmosfir yang baru dan sangat open minded, itu yang saya dapetin dari pelatihan tiga hari disana. Pembicaranya selalu seru banget mengupas materi dengan asik, apalagi rata-rata mereka itu CEO situs situs besar di Indonesia. Teman sesama peserta juga sangat open minded, tiap kita ngobrol, saya selalu dapet inspirasi baru. Mereka, ehmm yah luar biasah. Perbedaan usia itu rasanya gak terlalu jadi masalah. Malahan beberapa juga ada yang kasih saran dan komentar buat rumah belajar biar lebih baik dan itu luar biasah banget.

 
area seminar hari ke dua


 hari kedua nggak jauh beda dari hari sebelumnya saya sering ke belakang ambil makanan hahaha. ini salah satu favorit saya
ini juga salah satu favorit saya haha, mini cake tapi rasanya semuanya enak. kebanyakan juga ini kayak jajanan pasar tapi dibuat lebih enak.

Pas malem hari kedua, beberapa temen yang lagi PSG di Jakarta pada main ke hotel, ada si linggar, akbar, sama si ketua angkatan nughroho yang lagi psg di BIznet Jakarta, sama nanda juga dateng aaaah amicu banget lah temen-temen itu. Kita ketemuannya di kamar pak erno sama si ilham, kebetulan pas makan malam banyak makanan yang masih sisa dan kita suruh bawa ke kamar kalo mau, yauda kita bawa beberapa makanan plus buah buat di makan bareng-bareng. Pak erno ramah banget dan dengan mudah udah deket sama temen-temen saya, hari itu juga kebetulan pak erno ulang tahun, yaudah kita rayain bareng-bareng hihi “happy birthday pak erno”


ketika ngerayain ultah pak erno sama kue-kue seadanya hihihi. kebetulan banget disuruh panita bawa ke kama, selain kue kita juga ada teh, kopi, atau milo hahah. random banget soalnya kan seadanya di kamar ya itu yang saya buat. btw maaf nggar buat milo kebanyakan airnya HAHAHAH, abis gelas yang punyamu kegedaan jadi gampang khilaf nuangnya, beda kan sama yang kopi atau teh. 


ini nanda - linggar - saya yang udah pakek baju tidur - ilham - nughroho - akbar. mereka baik banget lah nyempetin dateng ke hotel huhuhu terharuuu


nanda lagi - linggar - pak erno yang lagi ultah - ilham - nughroho - akbar

Hari berikutnya juga nggak kalah luar biasah, pas penutupan juga ada foto bareng tapi agak gagal fotonya. Abis kan yang motion si panitia yang bagian ngerekam acara pakek kamera saya, udah saya bilangin jangan sama blitz malah nyalain blitz, jadinya gelap banget fotonya. Tapi ini nih Alhamdulillah masih sedikit terselamatkan abis masuk sotosop haha. Abis acara selesai saya sama ilham juga buru-buru langsung cabut karena takut ketinggalan kereta, kita udah kapok naik bus lagi, akhirnya pesen tiket lewat tiket.com enak loh nyaman. Pak erno bahkan nganterin kita naik taxi buat ke stasiun, sesatu banget. Kita emang deket lah sama pak erno selama beberepa hari ini, udah kayak ayah sendiri, tiap saya ambil makanan dan mau nggak abis selalu dibilangin “ghe diluar sana banyak yang kelaparan ayo dihabisin, usia sekamu butuh daging sama sayur sana di makan” terus missal makan malam dan saya ambil porsi biasa aja kadang tiba-tiba di tambahin daging sama sayur “ kalian butuh ini”. Pak erno juga ngenalin kita sama banyak orang di acara itu. Beliau juga kadang sharing pengalaman dari pas di ITB, terus jadi bagian dari RCTI, orang penting juga di metro TV, terus sampe akhirnya ngajar di binus sama paramdina. Beliau juga nggak henti-hentinya ngingetin saya buat berjuang keras ngeraih apa yang saya inginin. Dan yang paling bikin haru tiap pak erno ngenalin saya ke orang kadang bilangnya “ kenalin ini calon mahasiswa DKV, masih SMK loh. Designer ” hahaha *kemudian nangis haru tersendu sendu*


ini peserta sebelum foto dulu, agak gagal sih fotonya awalnya malah hitam total huhuhu. saya mana hayoo :p




 sebelum pulang juga ini mbak sonya roomates saya, terus saya, ilham, sama pak erno.

Ohya, satu pelajaran baru sebelum ikut acara seminar besar adalah buat kartu nama! Hahaha. Saya dapet kartu nama banyak orang tapi saya nggak bisa ngasih mereka kartu nama “harusnya kita barter adil dong dek, siapa tau kita ntar kedepannya butuh nomornya kamu” saya sama ilhampun nulis nomor di kertass hahaha parah. Peserta lainnya juga sering ngasih kartu nama ke pembicara dan mereka juga bisa dengan mudah tukar informasi kontak ke seseama peserta yang pasti bakalan berguna karena kan sama-sama gerak di bidang IT gitu siapa tau suatu hari bisa kerjasama kan? Beda sama saya yang tiap kenalan minta contac selalu bingung nulis di hp. Kelebihannya lagi adalah kalo kartu nama tinggal kasih, infonya udah lengkap kan? Kalo hp itu ntar biasanya suatu hari lupa “ini ardi siapa ya? Ehm temen nama ardi ada empat, ini kontak ardi semua. Jadi ini ardi siapa?” haha itu hal parah yang sering terjadi ke saya karena kebanyakan nomor di kontak hp.

yaudah gitu aja, yang jelas itu adalah salah satu acara luar bisah banget yang pernah saya ikuti. Saya dapet pengalaman yang belum pernah saya dapetin sebelumnya. Saya dapet kenalan dari lapisan orang-orang yang belum pernah saya kenal. Saya dapet kesempatan bertemu pemateri hebat. Saya bisa sharing ide dan pembicaraan bareng banyak orang luar biasah. Dan satu hal, perjuangan masih sangaaaaaaat panjaaaang, masih banyak yang dilakukan kalo pigin bener-bener sukses. 

Selamat hari jumat, dan yukmari kita semangat! 

gheas afferina adany

You Might Also Like

2 komentar

  1. keren ghe semangat melanglang buana, pulang bawa oleh2 ya ditulari juga ilmunya, tak tunggu oleh2nya :-D

    BalasHapus
  2. waah enaknya, entar pas kuliah kesempatan kaya gini lebih banyak :D

    BalasHapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts