Memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan bisnis kecil

15.26

Di era moderin ini, sudah bukan suatu alasan lagi bagi bisnis kecil merasa tidak percaya diri atau minder untuk bersaing dengan bisnis-bisnis yang lebih besar lainnya. Karena kemajuan tekhnologi yang terjadi saat ini merupakan suatu terobosan baru untuk mereka (bisnis kecil) bisa lebih berkarya hingga pada akhirnya bukan suatu hal yang tidak mungkin jika bisnis kecil dapat mengalahkan bisinis lain yang lebih besar. Salah satu hal yang bisa mereka lakukan adalah dengan memanfaatkan social media seperti facebook, twitter, youtube, yahoo masangger, blogger dan masih banyak jejaring sosial lainnya untuk kepentingan bisnis mereka.

Karena sekarang ini adalah masa dimana sosial media sudah merupakan bagian dari kehidupan. Bisa kita lihat dari banyaknya hal-hal di kehidpuan kita yang bersinggunggan langsung dengan sosial media. Target pasar dari dunia maya juga sangatlah luas dengan begitu banyak penduduk atau penggunannya.


Karena setahu saya, bisnis kecil sekarang semakin banyak di masyarakat. Tapi terkadang mereka hanya puas menjadi bisnis kecil saja hingga pada akhirnya mereka tetap dalam kondisi seperti itu. Mereka tidak berani bermimpi atau berharap bisa menjadi besar karena mereka sudah merasa kalah diawal, kalah modal, kalah bangunan, kalah tenaga kerja. Padahal sekarang ini era dimana tekhnologi semakin maju berkembang, mereka bisa memanfaatkan banyak hal untuk bisa lebih maju tanpa perlu modal yang banyak.

Sekedar berbagi pengalaman, saya juga salah satu orang yang pernah memanfaatkan sosial media untuk keperluan bisinis dimana saya hampir tidak perlu mengeluarkan modal tetapi bisa mendapatkan keuntungan. Bagaimana caranya? ceritanya saat itu saya berjualan lampu lampion, dengan hanya bermodalkan dslr saya memotret kerajinan lampion di daerah sekitar rumah saya, saya tidak perlu membeli barangnya satu persatu, saya hanya megambil gambarnya saja. Selanjutnya saya mengopload foto-foto katalog lampion di facebook, twitter, maupun blog. Hasilnya? banyak sekali orderan yang masuk dan tidak sedikit pula yang menjadi reseller yang sering melakukan pemesanan dalam jumlah yang banyak. Kadang satu reseller bisa membeli lebih dari 12 lampion dalam satu kali pengiriman. Luar biasah bukan peranan sosial media untuk bisnis yang masih sangat kecil sekelas anak SMK seperti saya? bahkan tanpa memiliki toko secara nyata saya bisa dapat penghasilan yang nyata.
Untuk itu saya menulis ini semua, hanya untuk berbagi tulisan, berbagi ide, berbagi pengalaman untuk mereka yang sedang memulai bisnisnya agar bisa melihat peluang-peluang besar yang kadang tidak terlihat. Karena semua hal memang harus di mulai dari kecil, kemudian berkembang menjadi besar. Dan jangan mau menjadi kecil terus, kita harus punya semangat buat membuat bisnis kecil menjadi besar. Dan ini adalah beberapa point yang menunjukkan betapa powerfullnya berbisnis dengan memanfaatkan sosial media


1. Banyaknya Pengguna Social Media


Semakin berkembangnya tekhnlogi menyebabkan pengguna social media menjadi semakin banyak dan itu adalah suatu lahan yang sangat baik untuk melakukan proses jual beli secara online. Dari mulai promosi prodak, pendekatan dengan konsumen, hingga jual beli. 

Ini adalah data statistika pengguna social media yang saya dapatkan dari beberapa situs penghitung statistika, mari kiat lihat betapa 'padatnya' populasi dunia maya



Facebook adalah social media yang masih booming hingga sekarang, dari mulai kalangan anak-anak sekolah dasar hingga orang tua saat ini sudah banyak yang memilki akun facebook. Yang sangat menarik adalah dengan memiliki akun facebook kita bisa dengan mudah berhubungan dengan kawan lama, berbagi foto, berkomentar, berkomunikasi via chat, berbgai catatan, hingga melakukan promosi bisnis dengan membuat forum atau fans page. Hal-hal diatas itu bisa kita lkukan dengan sangat mudah melalui facebook yang sangat user friendly



Ini adalah jumlah aktifitas pengguna facebook setiap harinya yang terhitung luar biasah. Begitu banyak manusia melakukan aktifitas di facebook hanya dalam hitungan hari. Bahkan bila boleh berkata saya juga hampir setiap hari menyempatkan diri untuk membuka facebook entah untuk melihat notifikasi, membalas pesan, membaca berita terbaru, mengupload foto, atau kadang sekedar mengecek kabar teman.


Selain facebook juga masih ada banyak sosial media dengan banyak penggunanya yang melakukan aktifitas rutin setiap harinya dan tidak kalah booming dengan facebook, contohnya adalah twitter




Berbeda dengan facebook yang aktifitas didalamnya lebih detail, twitter menyajikan space untuk mengepost seuatu atau lebih dikenal dengan nge-tweet yang hanya dibatasi dengan 140 karakter. Aktifitas di twitter berlangsung lebih cepat dari pada facebook. Jejaring sosial yang satu ini kerap di akses hanya untuk melakukan update suasana hati (curhat), update lokasi, dll. Dan sudah banyak sekali orang-orang dari dunia bisnis yang memanfaatkan twitter sebagai media promosi karena melihat kepadatan lalu lintas twitter. Berbeda dengan twitter, ada juga jejaring sosial lainnya yang lebih spesifik menangani vidio dan sangat booming. Youtube.



Aktifitas di youtube tidak kalah dengan jejaring sosial lainnya kan? Kita bisa lihat sendiri betapa suburnya lahan untuk berbisnis di dunia maya. Ini hanya statistik tiga sosial media, bagaimana bila kita lihat yang lainnya seperti blogger, urbanesia, tumblr, dll? Jadi memang bukan hal yang tidak mungkin bagi bisnis kecil menjadi besar jika bisa mengolah penduduk dunia maya untuk menghasilkan keuntugan.

2. Penyebaran berita dengan cepat

Kemajuan tekhnologi yang sangat pesat juga berdampak pada kemudahan dan kecepatan sharing berita. Kabar dan informasi dari belahan dunia lain sekalipun dapat kita terima dalam waktu yang sangat singkat sekali. Hal ini tentu saja mejadi salah satu keuntungan yang bisa kita ambil untuk memajukan bisns kecil menjadi lebih besar.


Gambar diatas adalah gambar penyebaran berita sebelum adanya sosial media. Satu berita akan sampai ke banyak orang dalam waktu yang relatif lama. Tapi berbeda dengan sekarang dimana sosial media sudah ada. Menyampaikan informasi sudah bukan menjadi hal yang sulit lagi



Dan ini adalah proses penyebaran komunikasi jika melalui sosial media. Dengan begitu cepat informasi bisa tersebar ke banyak tempat. Itu merupakan sebuah peluang yang sangat besar untuk melakukan promosi prodak dalam berbisnis.


3. Ada setiap waktu, 24/7


Keuntungan lainnya adalah sosial media tersedia selama 24 jam. Nonstop. Bahkan bisnis besarpun pasti ada jam-jam istirahatnya. Tapi sosial media buka setiap saat, bisa di akses kapapun. Jadi misalnya saya adalah pemilik suatu bisnis kecil, maka yang akan saya lakukan untuk memanfaatkan kelebihan sosial media yang satu ini adalah dengan membuat akun di setiap sosial media atas nama bisnsi yang saya lakukan. Disana saya pasti akan melakukan pengenalan prodak, promosi, mencari konsumen dan lain sebagainya. Tapi karena saya juga hanya manusia, tentu saja saya tidak bisa online setiap saat. Meskipun begitu, kapanpun seseorang ingin tau tentang prodak terbaru, ingin melihat berita terkini, atau bahkan ingin melakukan pemesanan, mereka tetap bisa meninggalkan pesan di halaman tanpa perlu ada saya saat itu. Jadi kapanpun mereka mau, mereka bsia menemukan halaman tentang bisnis saya. Buka setiap saat.


4. Lebih mudah, cepat, dan hemat


Dengan sosial media, bisnis keciil pun bisa melakukan promosi kepada pasar yang sangat luas namun dengan harga yang lebih terjangkau. Karena melakukan pemasangan iklan di televisi, radio, atau media cetak lainnya memerlukan biaya yang cukup tinggi sehingga bisnis kecil pasti akan kalah bersaing dengan bisnis-bisnis besar yang sudah memiliki modal yang lebih banyak. Tapi dengan sosial media pemilik bisnis kecil tidak perlu khawatir lagi karena mereka bisa beriklan gratis melalui jejearing sosial misalnya dengan mengunggah poster ke facebook, menge-tweet seputar prodak di twitter, mempublikasikan promosi dalam bentuk vidio di youtube, atau berbagai cara promosi lainnya. Kita harus bisa memaksimalkan kemampuan promosi kepada ratusan juta bahkan milyaran pengguna sosial media


5. Memantau keinginan dan respon konsumen


Dengan sosial media kita juga bisa dengan mudah berkomunikasi dengan konsumen kita dengan menyediakan tempat bagi mereka untuk bisa berkomentar tentang prodak kita sekaligus memberi saran. Dengan begitu kita akan tau apa yang mereka mau dan kita bisa memperbaiki bisnis menjadi yang lebih baik lagi. Karena konsumen adalah salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian tersendiri dalam setiap jenis bisnis.

Saat ini sudah tidak sedikit orang-orang yang memanfaatkan sosial media untuk membangun bisnis, ada beberapa tips untuk mengotimalkan pemanfaatan sosial media bagi bisnis kita, berikut ini beberapa tisp-tips itu


1.  Melakukan pendekatan dengan konsumen adalah sesuatu yang sangat wajib dalam bisnis, karena konsumen adalah raja. Kita bisa menarik hati mereka dengan menyediakan tanya jawab, jadi ketika konsumen ingin bertanya tentang suatu prodak mereka bisa dengan mudah menghubungi kita via twitter, facebook, atau YM. Kita juga bisa mengadakan kuis, games, atau lomba yan selain mendekatkan diri pada konsumen, kita juga melakukan branding terhadap prodak agar lebih dikenal di masyarakat.

2.  Karena magic dari penyebaran berita melalui sosial media bisa begitu cepat, kita harus berhati-hati untuk setiap postingan yang kita buat. Perhatikan kata-kata, gaya bicara, bahasa, dan kualitas. Karena sekali kita memposting sesuatu, secara serentak dalam waktu yang bersamaaan di banyak tempat akan bisa mengakses berita yang kita post, jika ada kesalahan atau sesuatu yang kurang berkenan, akan dengan cepat pula tersebar luas. untuk itu kita harus selalu berhati-hati.

3.  Sebagai bisnis yang masih kecil dan tentunya akan terus berkembang, kita pasti harus berusaha meningkatkan keeksistensian kita di dunia maya. Salah satu caranya adalah dengan mengintegrasikan berbagai social media dengan satu akun induk, jadi area jangkauan penyebaran berita kita menjadi semakin luas. lagipula sekarang hampir semua sosial media sudah terhubung satu sama lain, jadi misalnya sekali kita posting di twitter akan otomatis terposting ke facebook juga atau yang lainnya.

4.  Dan terakhir jagan pernah memposting sesuatu tidak penting atau “ngejunk” karena ketika orang lain risih atau merasa terganggu dengan postingan kita, bukan hal yang tidak mungkin followers akan berkurang padahal untuk bisa maksimal memanfaatkan sosial media, kita harus memperbanyak jumlah followers bukan malah mengurangi.

Jadi tunggu apalagi? Ayo kita manfaatkan sosial media untuk merintis bisnis kita dari sekarang :D


You Might Also Like

20 komentar

  1. Ciyeeeh temen gua kereen bangeeeet !!! gheaaa !!!! *teriak Maling*..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaah makasih nikoooo si sahabat unyuu :D

      Hapus
  2. wah, keren nih :D nice info ghe :D Cemungudth eaa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. rejaak makasih, ikutan juga gih hihi. aku tadi juga buru-buru loh ngerjainnya hihi :D

      Hapus
  3. kalo uda nulis artikel tentang bisnis , langsung capcus bisnisnya dek biar lebih berasa :D
    baguss kok isinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak farah hihi, iya mbak insyaallah :D
      mbak farah salah satu contoh yang berbisnis pakek sosial media ya mbak hehe :D

      Hapus
  4. mindset bagus utk strategi marketing...:-) berarti kerajinan lampion itu dari daerah tempat tinggalmu ya Ghe...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas itu di daerah rumah, om juga ada yang jadi pengerajinnya hehe :D

      Hapus
  5. wahhh wahh kok amazingg gehee ahha yo wes lah ndang menango maneeh :3

    Cemungudth ea qaqah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ndang menango jare, makasih cal doain ae. niatku seh berbagi sama sharing, menang itu bonus :3

      Hapus
  6. Aseekk.. copy ilmunya nggeh..
    bismillah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo silahkan, semoga bermanfaat :))

      Hapus
  7. Wah, endemik. Sukses ya! Keren kok.

    BalasHapus
  8. you are the awesome deskmate ever ghe! hahaha as always, good article!! you will win it! hahaha bermanfaat banget. businessgirl deeehh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah thankyouuu, amin amin. semoga ya ntar kita bisa manfaatin sosmed buat bisnis beneran ya hihi :D

      Hapus
  9. selalu menarik dan menginspirasi nih kaka ghea :D

    BalasHapus
  10. patut banget untuk di baca
    selalu ada hal yg menarik di dalamnya
    semangat kaka hehe :D

    BalasHapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts