Hari raya kurban di kampung halaman

Monday, November 12, 2012

"sejauh-jauhnya kita pergi, rumah adalah tempat kembali yang paling nyaman" - unknown

untuk pertama kali dalam hidup saya, saya mengalami apa yang dinamakan pulang kampung huahahahaha. kenapa pertama kali? tentu saja karena saya nggak pernah pulang kampung sebelumnya. hampir semua keluarga saya rumahnya pada di malang, rumah kedua nenek saya baik dari mama ataupun dari papa bahkan satu kampung sama saya, meskipun nggak serumah tapi kan sewilayah. jadi tiap lebaran dimana semua orang ngerasain pergi ke luar kota ke rumah nenek atau kakeknya, saya stay di malang.


tapi karena sekarang saya udah agak gede (etciyeee) saya udah tinggal di kota yang jauh dari malang, saya pada akhirnya merasakan sensasi pulang kampung saat lebaran idul adha kemarin. sebenernya pulang kampung ini bener-bener di luar rencana dimana saya sebenernya bahkan nggak ada pikiran bakalan balik karena kan masa psg cuma tiga bulan aja masa mau pulang-pulang segala boros capek pula, eh ternyata saudara saya atau sebenernya orang yang dekaat banget sama keluarga saya sampe udah seperti saudara hahaha, pokoknya bagi saya beliau seperti om saya sendiri, namanya om jippy. nawarin saya buat bareng ke malang, kebetulan beliau sekeluarga juga lagi mau pulang kampung dari magelang.


saya tentu aja langsung bilang IYA sambil girang banget gitu, apalagi kata om jippi, saya juga boleh ngajak temen sekamar saya ke malang sekalian biar nggak saya tinggalin sendirian, makin bahagialah saya. saya sms mama bakalan pulang dan bilang gak usah bilang sapapun biar surprise haha. dan mama emang melakukan itu, buktinya pas saya lagi otw pulang kan malam idul kurban, masa-masa takbiran pada banyak yang smsin saya curhat kalo kangen dll hahaha, bilang gak biasanya nggak ada saya pas lebaran dll aduh terharu biru lah saya.


om jippy jemput saya sekitar jam tujuh, terus kita mampir makan dulu ke gudeg yu jum atau yu siapa gitu deh lupa saya, dan pas itu saya sama alfi bener-bener abis makan, kan kita baru buka jadi rasanya kenyaaaaang bangeeet parah. tapi terimakasih banyak om jippy hihi. di jalan, saya, om jippy, tante yetty, alfi, dek shafa, sama dek shamil ngobrol banyak banget hal hal mulai dari ngomongin kabar saudara, tujuan abis kuliah, korban iklan, tante yetty yang dulu lulus dengan nilai cumlaud dll, wah seru banget. saya sama alfi banyak dapet masukan pas itu hihi. tapi gak lama kemudian efek kekenyangan suasana mendadak hening dan semuanya tidur, kecuali om jippy tentunya, terus siapa yang nyetir coba kalo beliau bubu juga.


kami sampe di malang subuh pagi dan saya langsung ketemu mamah aaaah sumpah kangen tauu, terus biar nutut sholat iednya, saya sama alfi cepet-cepet mandi hihi. kebetulan rumah lagi rame juga ada papa, dek vila, sama dek rahyan. terus agak pagian nenek saya dateng dan beliau yang kaget gitu lihat ada saya "lho itu ghea? aduh kejutan, kapan dateng ke malang" sambil nyium nyium saya gitu hihi haru, itu nenek dari mamah.


kita sholat ied di alun-alun malang, ikut jamaahnya masjid jami malang. serius miapah tapi saya juarang banget sholat hari raya kurban di rumah, dulu beberapa tahun mesti di sekolahan terus. dan serunya lagi saya sama alfi juga hihi, abis sholat kita foto-foto dulu loh. ohya, saya masa dari jogja itu gak bawa baju sama sekali gara-gara udah yakin aja di malang masih banyak baju. eh ternyata baju saya udah di rapiin dan kalo ndadak2 nyarinya susah, jadilah saya pakek baju seadanya wkwkw.



alfi, my roomates. sama saya yang hari itu lagi aneh hahaha.

ini dia tiga generasi wkwkw. saya, mamah, sama neneek hihihi :D
foto lagi wkwkwk, oh alfi terimakasih sudah jadi juru foto mumu

abis sholat, saya sempetin ke nenek dari papa yang juga langsung ngecium cium saya sambil peluk peluk juga gitu yaampun saya dikangenin *brb ambil sapu tangan*, terus mama ngajain ke bandulan buat lihatin kurbanan disana, karena kalo kita kurban kan sunnah ngelihat proses pemotongannya. tapi sebelum ke bandulan saya lihat dulu hewan kurban di kampung saya yang terkenal selalu banyak itu, dan memang disana ada banyaaak banget hewan kurbannya meskipun gak sebanyak tahun lalu. ada sekitar 60an kambing dan 13 sapi. itu udah lebih dikit sih dulu malah kambing 100 lebih sapinya 17 atau bearpa gitu gila kan, padahal kampung  saya kecil gak besar-besar banget, itu juga alasan keluarga saya lebih suka kurban di tempat lain. di bandulan misalnya, karena disana mereka penduduknya buanyaaak tapi hewan kurbannya cuman sedikit.


dan perasaan setiap tahun saya kembali tiap saya ke bandulan, saya selalu haru pas lihat banyak anak kecil heboh banget lihat penyembelihan padahal itu cuma dua kambing satu sapi tapi mereka yang seneeeng banget gituloh ekspresinya, coba kalo mereka ke kampung saya, pasti lebih bahagia. duh aduuh.



suasana penyembelihan di bandulan :"

saya gak lama-lama sih di bandulan, abis itu seharian saya abisin buat main sama dek rayhan. demi apa si adek saya satu itu udah mulai remaja hahaha, saya suka banget ngegodain dia sambil ngobrol bareng, nyanyi-nyanyi dengan suara sumbang sambil cerita ini itu. dia bahkan udah curhat ntar pengen sekolah kemana pas sma "aku pengen sekolah di mbak ghea, biar bisa keluar kota terus-terusan. masa kemarin abis dari jakarta ini mau kejakarta lagi, enak banget juga di undang mentri, sok sok terkenal mbak mbaaak" (ohya yang jakarta kedua ntar saya ceritain sehabis ini okee).


pas besoknya saya ngelihatin kurbanan di kampung, ada satu tradisi yang saya sukai pas dikampung yaitu setiap mau dikurbanin, kambing-kambingnya pasti di bawa keliling kampung dulu. saya ngajak sahabat kepompong saya buat ikutan lihat hihi, rasanya nginget masa lalu tau soalnya udah lama juga saya gak lihat begituan, dua tahun yang lalu secara berturut-turut saya ada acara disekolah huhu.



salah satu rumah di kampung saya

kambing gembul lagi di bawa keliling kampung, buanyaaak banget serius, dan yang saya suka dari kampung saya adalah anak-anak dan remajanya aktif banget kalo acara beginian. ini deh yang bikin makin cinta dan betah tinggal di kampung. sosialisasinya nyata dan terasa

alm. kambing unyu hihi. disini kambing yang bulunya lebat kayak begini sukanya di kepang tapi lupa  nggak ngefoto deh padahal unyu unyu jadi kayak chiripa (sebentar, bukannya chiripa anjing ya? hemm)

saya sempet ketemu saudara-saudara saya dan mereka tanya dari mulai "lho ghea sampe kapan? aduh bolak balik kemana-mana ya sekarang (pukpuk), selamat ya menang lombanya blablabla" mereka tau segala saya abis menang bikin terharu, itu gara-gara ada si salsa adek kelas di telkom sekaligus saudara saya, tuh anaknya ujung sendiri hahaha

efek kampung mini tapi hewan kurban bejubel adalah yang seperti ini, hewan kurbannya terpaksa di tali di depan rumah warga dan itu bikin gak bisa lewat suer. apalagi rumah nenek saya termasuk rumah yang berkambing, oke. sayapun sok cool jalan depan sendiri dengan beberapa orang di belakang saya yang ngekor semacam cari perlindungan, saya jalan aja pura-pura anak gahul yang berani sama kambing padahal *hening*. ohya panitia kacau lah pas itu masa pintu pager rumah nenek saya yang bagian kalo masuk harus di buka itu di buat nali kambing. "terus ini aku kalo masuk gimana coba hemm"

ini sama temen dekeet saya mulai dari bayi wkwkw, namanya dewi ayu masitha, kita beda berapa bulan aja dan dari kecil mesti bareng sampe akhirnya pas sma udah sibuk sendiri-sendiri. akhirnya kemaren kita berasa reuni nonton kambing bareng, dan pas lihat foto ini saya baru sadar kalo ini sara banget gaya kita kok mesra sekali ya hemm *abaikan, ini khilaf*. ini di atap rumah nenek saya yang strategis banget buat nontonin kambing

ayu, saya, sama dek lala. ohya dek lala itu sepupu saya, anaknya adeknya papa dan dia kembar looh satunya namanya lili tapi gak ikutan saya jadi gak foto bareng deh yaya.

kambing inipun sedang di geret untuk dibantai, tabah ya mbing, semoga amal ibadahmu di terima disisinya :"

dan malemnya saya balik ke jogja, karena besok minggu harus ke jakarta, di jemput om jippy lagi hihi. terus di perjalanan ngobrol terus sama dek shamil sama shafa bahkan sempet mampir ke alun-alun batu dulu wkwkwkw, terimakasih banyak ya om jippy tumpangannya. yang pada akhirnya bisa bikin saya ketemu sama mamah, dek rayhan, nenek, kakek, ayuk, papah dll.



ghea safferina adany

You Might Also Like

6 comments

  1. pengeen deh meet up sama gheaa. nanya-nanya tentang nikon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo meet up meet up meetu :D
      saya suka meetup sama teman maya hihi, tapi saya gak jago buat di tanya-tanyain hehe

      Delete
  2. hihihi. ayoook ghee :)
    sekarang di jogja kaaan? mayaaan dekeet lah.
    haha aku apalagi. pasti canggung ketemu orang baru ._.

    ReplyDelete
  3. ayook banget, desember yuk. msg fb deh nomermu berapa biar bisa smsa hehe.
    haha ya dibuat ga canggung. tapi aku gak jago moto loh ya, ntar kecewa lagi pas ketemu. kita hava fun aja jalan-jalan di jogja :D yuk mari!

    ReplyDelete
  4. eeh.. ayooook. desember pas kelar uas juga akunya. okeoke ghee :)
    alaah, gapapaa. insyaallah ga kecewaa laaah. hahaha. okesiip! :D

    ReplyDelete
  5. gheaa., aku udah msg fb nomer hp loh :)

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...