yogyakarta for idbyte 2013

07.49

" and the other journey was begun, yogyakarta for http://www.id-byte.com/ 2013. semoga di kasih kelancaran sama Allah dan bisa membawa rumah belajar beberapa langkah lebih maju " itu status fb yang saya buat di kereta sebelum berangkat ke jogja dulu.

Jadi cerita ini bermula dari kira-kira satu bulan yang lalu. Saya sudah mau tidur ketika entah tiba-tiba pengen cek email terakhir sebelum men-disconnect modem, padahal saya bukan tipikal orang yang sering kedatangan email penting saat itu (kalo sekarang beda lagi emang rajin cek email). Dan tada, ada email dari teknoHub yang isinya pemberitahuan tentang kompetisi yang namanya ID-Byte. Iseng-iseng juga saya cek webnya dan kemudian langsung tertarik buat ikut. Tapi pas tahu tanggal submitnya mendadak mau putus asa karena itu sudah H-30 menit. Kalo nggak salah itu jam 11.30 sekian gitu dan pendaftaran terakhir jam 12.

Saya bingung sendiri, antara ngebut buat ikut, atau minta saran dari anggota tim lainnya dulu yang pasti akan makan waktu yang udah kurang dari 30 menit itu. Akhirnya bismillah, berangkat lah saya mengisi form pendaftaran. Karena ini kompetisi dengan scope internasional, sayapun berusaha ngisi semua dengan bahasa inggris saya yang pas-pasan itu. Ada juga form yang minta url youtube dan saya langsung aja sertakan link url vidio jaman compfest itu hahaah, terus diminta juga PDF yang menjelaskan tentang tim dan prodak, saya buat di word tanpa desen cepet-cepetan, save for PDF dan.... send!

Jam 12 kurang sekian setelah baca doa dulu minta yang terbaik sama Allah dll, saya pencet tombol send, dan tada rumah belajar sudah menjadi peserta idbyte 2013!. Baru setelah itu saya nyeritain ke tim-tim lainnya tentang idbyte dan mereka pada bilang " Woh ternyata sudah melaksanakan tugas sebagai CEO dengan baik" hahaha pelis teman-teman. Saya mah CEO nyubi yang abal-abal banget, kerjaannya nyetalkingin CEO-CEO yang udah besar startupnya sambil lihat apa yang dilakuin mereka hahaha (sst ghea lagi bocorin rahasia loh). Setelah itu kita ga pernah mikirin Idbyte lagi karena mereka juga pada tau kalo saya daftarnya kebut-kebutan gitu dan harapan bakalan lolos itu kecil.

Sampe beberapa saat sebelum ujian nasional pas saya lagi gencar-gencar belajar bareng sama nana, ikhsan, danang. Tiba-tiba saya dapet telfon pas lagi makan malam di salah satu rumah makan padang, daan... katanya Rumah Belajar lolos idbyte dan bakalan masuk babak semi final di surabaya tanggal 15 april. Saya langsung nyanggah kalo 15 April itu tim Rumah Belajar lagi ujian dan saya minta di alihkan di kota lain, sampe akhirnya kita dialihkan ke Yogyakarta buat presentasi tanggal 24 kalo nggak salah. Itu rasanya udah kaget, wow kok bisa? Alhamdulillah.

Hari terkahir UN, malemnya kita langsung kejar deadline buat nyelesein banyak hal. Ipad sama Ilham hampir tiap hari dateng ke rumah abis isya dan pulang jam 2 pagi. entah, tabu atau apa kerja tengah malem tapi di jam itulah kita bisa ketemu diluar kesibukan masing-masing. Tapi kita enjoy aja kok dengan midnight work gitu, toh ga sering-sering juga. Jam 1 ke atas itu kalo udah ngantuk paling saya pamit sholat dulu ntar ngantuknya ilang loh suer.

Itu benar-benar minggu ganas karena tanggungan kita nggak cuma rumah belajar, tapi ada beberapa juga lainnya. Jadi tiap ketemu saya mesti ngebagi si ilham ngerjain web M, terus ipad yang ngerjan rumah belajar, terus saya ngedesign presentasi sambil ngurus hal-hal non tekhnis lainnya dan ngebagi task. Karena kita juga ada desainer baru dari jakarta jadi task kita pakek trello (ntar saya post sendiri tentang trello itu apa kalo lupa ingetin ya haha, kece loh). Dan tiap hari begadang kita ngehasilin ini http://beta.rumah-belajar.com/ masih versi beta sih semoga cepet kelar dan bisa di launch. kalo ada kritik saran bilang aja. we love it :)

Hingga pada akhirnya kita berangkat juga ke jogja. Naik kreta bertiga persis kayak pas dulu compfest (baca disini). Ini nih yang sukanya bikin saya terharu, karena kita bener-bener memperjuangkan rumah belajar itu dari bawah, dari yang nyubi banget, sok-sokan join kompetisi, kenalan sama orang keren, belajar dari mereka. Kita pas udah di kreta itu bahkan nggak tau harus tinggal dimana. HAHA miris, dan nggak jauh beda sama compfest yang bahkan kita nekat berangkat ke jakarta padahal semuanya nggak pernah kesana sebelumnya. Kadang hal-hal kayak gitu perlu. Keluar dari kotak nyaman, dan mencari hal baru diluar itu.

begitu sampe di kereta langsung foto, saya langsung ngeluarin leptop juga buat upload yang satu ini sekalian minta doa restu dari semuanya hehe, soalnya kita diem-diem ikutan idbytenya. jadi pada taunya ya pas kita mau berangkat ini hehe. benernya ini sekursi buat berdua, cuma karena kebutuhan foto jadi yasudah bertiga sebentar hehe.

Kita sampai ke jogja udah menjelang maghrib, awal sampe setasiun ada rasa semacam pulang kampung, karena dulu kan sempet beberapa bulan tinggal di Jogja. Alhamdulillah sama Allah dimudahkan, kita diperbolehkan buat nginep di kosan tempat saya sama ilham dulu kos pas zaman psg. Terimakasih Oma Opa buat tumpangannya. Dan sambutan mbak-mbak kos ramah banget lah, saya bahkan di pinjemin kamar sama mereka. Di buatin sarapan juga sampai sungkan sendiri hahaha. Malam itu kita juga makan ke tempat makan kesukaan kita dulu, paknya dan pegawai-pegawainya masih inget kita dan we have some chat, rasanya seru aja kembali ke tempat lama. Kita juga sempet bahas presentasi sambil dinner, cuma di obrolin aja soalnya bahkan besok udah lomba presentasi kita belum jadi karena kebanyakan deadline lain, ini parah guys serius -_-

Dan besoknya pas lomba kita naik trans ke UGM Club, agak nyari-nyari juga soalnya kita ya nggak tau jalan. Tapi ternyata mudah kok, dan disana kita ketemu sama tim lain dari brawijaya, hore asik ketemu tim malang juga. Kita registrasi dan ternyata dateng pertama hahaha, gaul banget nih dasar rajin. Terus pas awal tau tempat presentasinya rasanya.... ohtidak, kayaknya kemaren lihat di twitter tempat presentasi kota sebelumnya agak santai deh, bahkan yang bandung aja di cafe. Ini kenapa tempatnya kelihatan resemi banget, ga jauh beda sama business camp tapi ini lebih kecil gitu.

sambil nunggu waktu presentasi, karena kita dateng awal-awal jadi foto-foto dulu lah hehe

area presentasi *kemudian pingsan* hahaa, final lebih kece lagi nih dagdigdug

Udah agak grogi sama tempatnya jadi makin grogi pas peserta lainnya dateng, mereka semua kereeen puool. Perasaan saya pas itu? fadjfanskdrhfIIDFJNCJDADFfkgs banget. Dan semua menjadi lebih menegangkan pas saya tau juri hari itu ada 4 orang dan 3 diantaranya orang luar negri. Ohtidak bahasa inggris saya kacau balau belepotan. Nggak cuma sampe situ terkejutnya, tapi pas saya tau bahwa tim lainnya kalo presentasi mesti tunggal satu orang aja yang pitching. Jadi mendadak diputuskan kalo saya aja yang maju kedepan, sendirian. Katanya sih " Dulu wikufest bisa masa ini nggak bisa" itu rasanya..... degdegan

Dari 12 tim yang maju, rumah belajar dapet bagain pitching ke 6 jadi sempet lihatin semi finalis lainnya yang ternyata keren-keren semua wooh kita uda heboh bertiga " Kayaknya kita terlalu melompat deh, event ini semacam terlalu besar buat kita. Semua yang disini startup keren yang udah punya banyak income sedangkan kita.... cita-cita kita kan mau amal buat bangsa Indonesia tercinta, mau berpartisipasi buat dunia pendidikan. Jadi masih belum ada income. Yang penting kita hard work sekarang, apapun hasilnya kita berdoa aja" kata kita bertiga sambil hening.

Sejujurnya saya nggak terlalu lega sama presentasi yang kemaren, saya ngerasa nggak out all, saya ngerasa kelihatan gugup. Pokoknya nggak kayak kalo saya lagi enjoy ngomong di depan biasanya. Kemaren agak beda, mungkin nervouse juga ya yang nonton banyak dan jurinya sekece itu hehe. Tapi seneng juga dapet beberapa komentar-komentar yang semua membangun, khailee salah satu juri juga ngasih kita mimpi baru "bayangin beberapa tahun lagi rumah belajar bakalan jadi media pembelajaran terbesar diindonesia, di aplikasikan di sekolah-sekolah. coba kalian bayangkan. perjuangan kalian masih panjang, kalian nggak boleh stop dan menyerah dengan proyek ini. harus di perjuangkan" dan dalam hati kita punya tekad dan semangat baru buat lebih hardwork.

abis presentasi ada acara materi dari juri dan itu keren. semua materi di sampaikan dalam bahasa inggris, iyalah orangnya juga orang luar semua. ini reminder buat saya sendiri buat makin ngasah bahasa inggris hahaha, saya ngerti sih mereka ngomong apa, tapi saya mau tanya dll itu takut salah mulu haha, nah berarti skill pemberani dan percaya diri juga butuh di latih hehe. masalah materinya kalo ada waktu saya share deh, tapi di group rumah belajar aja ya coba lihat aja fans page kita di facebook, KLIK

 bu shinta bubu yang punya acara nih, beliau kereeen banget. coba lihat di @shintabubu 
 hello saya sedang dagdigduduar nih. dan... sedih banget nih cuma ada satu foto saya pas di depan, itupun saya di ujung banget haha. tapi tetep aja big thanks ilham farobi for this photo! :D
 yang nggak kalah keren, full of spirit dan sempet ngasih rumah belajar mimpi baru. ini dia @khailee dari 500 startup. presentasinya saat itu keren banget. 
 salah satu juri yang juga memberi beberapa tips dan semangat buat rumah belajar, bisa dilihat di @stefan_Jung beliau Co-Founer and Managing Director Rocket Internet South East Asia, Keren!
 dan yang ini adalah @timmarbach entrepreneur & founder of Asia Venture Group, kaufDa, bonial, Angel  dan Investor
penyerahan marchandise sesusdah acara

Dan sekitar jam 4 sore acara idbyte yogyakarta berakhir sudah, saya bersyukur banget bisa ikutan berkecimpung di acara ini. Meskipun saya sering (banget) ngerasa newbie dan minder-minder sendiri tapi it was so much fun!

ehya ini beberapa twit dari twitter @idbyte pas acara, yuk di follow sekalian biar bisa nyimak acara-acara plus informasi terbaru dalam idbyte



Dan sejak hari itu, yang bisa kita lakukan hanya berdoa yang terbaik. Entah bakalan masuk final atau engga, tapi semoga di beri yang terbaik oleh Allah. Amin

with love

ghea safferina adany

You Might Also Like

16 komentar

  1. Alhamdulillah :) Lanjutkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah final hehe, doakan mas :')

      Hapus
  2. keren pake banget. semoga sukses dan bisa berkontribusi majuin pendidikan indonesia. semangat! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,thanks doakan ya. kalo mau ikut berkontribusi dengan kasih saran komentar boleh banget :D

      Hapus
  3. Nggak perlu minder lah ge. Kamu keren kayak begitu kok minder. Kamu udah hebat kok! :) Mudah-mudahan masuk final :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, wah saya juga masih belajar nih hehe. lagian di tempat gini ini aku ketemu orang yang jauh2 lebih keren hehe. alhamdulilah sudah masuk 12 besar buat final bulan depan :')

      Hapus
  4. wah, hebat mbak Ghea ini. Semangat ya mbak sama mas-mas nya. Kami #GL tetep dukung mbak ghe. haha *peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. what GL hhahaha, jadi GL itu ada beneran ._. kirain cuma bercanda haha. kamu juga semangat ya dek sekolahnya yang pinter :D

      Hapus
    2. haha becanda kok mbak, GL cuma sekelompok orang yang kagum sama prestasi kakak kelas yang kece badai ini. hehe. Iya, makasih mbak.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. wew keren banget. udah sampe masuk idbyte saya sendiri aja masih dalam tahap lokal. keren keren semoga cepet melejit buat rumah belajar. salam dari almsware.net :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya keberuntungan dan kebetulan kok mas hehehe :D
      oh abis ikutan yang lomba malang cyberpark itu? :D

      Hapus
  7. wah.. ini dia generasi muda yang patut dilestarikan.. hehe.. keep creative!

    BalasHapus
  8. Super keren... baru tahu ada acara keren macam ni..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak, banyak banget loh acara kayak gini apalagi sekarang :D

      Hapus

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts