2013 moments

Thursday, January 02, 2014

2013 mengajarkan saya banyak hal tentang memilih pilihan besar untuk kehidupan saya. Di tahun ini saya di paksa untuk berfikir dan menentukan mau di bawa kemana kehidupan saya selanjutnya. Iya, saya lulus dari SMK Telkom tahun ini. Sempat ikut masa galau bersama teman-teman dalam menentukan. kerja-kuliah-keduanya-menikah. Hingga pada akhirnya saya memilih keduanya, kerja dan kuliah. Bukan hal yang mudah buat saya untuk menentukan hal yang seperti itu, karena apapun keputusan kita itu akan berdampak sangat banyak untuk kehidupan selanjutnya. Ketika kita memilih untuk kuliah berarti kita harus komit untuk serius di dalamnya, ketika kita memilih untuk bekerja berarti kita harus siap kehilangan masa-masa dimana teman-teman seumuran kita menjadi mahasiswa gaul yang sepertinya memiliki kehidupan yang remaja banget. Ketika kita memilih keduanya kita harus siap dengan konsekuensi dengan lelahnya, pengorbanan waktu, kerja keras, dll.

Saya tergolong orang yang suka menulis resolusi, dan alhamdulillah jika di review lagi 2013 resolusi lumayan banyak yang kesampaian. Bisa lulus dengan hasil belajar sendiri pas UN, bisa maju kedepan pas wisuda biar mama seneng (alhamdulillah bisa dua kali maju untuk 10 besar dan siswa berprestasi hahaha ada ada aja), bisa bekerja sama kuliah seperti cita-cita saya pas awal masuk telkom, bisa membawa hoblaa ke IDByte-BubuAward-Inaicta, appleberry udah bisa selling porduct yang alhamdulillah penjualannya bisa di bilang bagus. Alhamdulillah. Kadang, yang kita butuhkan emag menulis semua target dan cita-cita kita, karena impian itu adalah bibit kenyataan. Jangan malu-malu buat nulis target-target dan mimpi besar di agendamu. Insyallah sedikit atau banyak bakalan kesampaian :)

2013 saya belajar untuk hidup mandiri, saya sekarang tinggal di jakarta. Sudah berani pergi-pergi kuliah sendiri, bahkan kalo pulang kuliah malam jam 10an saya juga bisa sampai kos sendiri. Jauh beda sama saya sebelumnya yang tergolong suka parno dan penakut. Saya belajar memanage keuangan saya, mungkin dari dulu saya sering beli ini itu sendiri tapi kalo sekarang saya lebih menikmati prosesnya. Alhamdulillah setegah tahun saya di jakarta sejak berangkat bisa hidup tanpa harus minta uang ke mama, bisa bayar kuliah yang 1.3jt per bulan sendiri, bisa biayai hidup sendiir, dan bisa nabung. Alhamdulillah. Jadi kalo di tanya apa hasil kerja di jakarta?  Mungkin jawabannya bukan saya bisa beli kamera terbaru, handphone ini, liburan ke luar negeri. Tapi saya bisa bangga ngejawab hasilnya adalah gelar S1 sarjana management. Amin.

2013 saya belajar adaptasi sama banyak hal, dengan lingkungan kerja, orang-orang kantoran, temen-temen kuliah, kehidupan jakarta, masyarakat sekitar kosan, pedagang di pasar-pasar yang menjadi teman interaksi ketika mengurus prodak appleberry, hingga orang-orang startup keren yang saya temui ketika event-event di jakarta. Alhamdulillah saya masih bisa menjadi 'saya' tanpa harus berubah. Saya kuliah dengan gaya saya sendiri tanpa bingung harus menjadi anak gahul jakarta (yang mana temen kuliah saya memang gahul gahul), tapi saya cukup pede dengan tas ransel kuning dan gaya saya sendiri. Di kantorpun semuanya menerima saya apa adanya tanpa saya perlu berubah menjadi mendadak dewasa.

Ini beberapa random 2013 moment 

Random 2013 moment di bulan bulan awal. Mulai dari ke eco green park sama nanda, niko, dek rayhan, sama mashan. Liburan keluarga (..dan skiping bimbel hari minggu) dengan nginep ke batu selama tiga hari dua malam. Makan malam bareng, ke batu night spectaculer, ke Secret Zoo, ke pulau jambu, ke selorejo. Terus wikufest dimana saya tiba-tiba maju buat bicara kedepan nerangin tentang hoblaa, terus maju lagi ngomong pesan kesan.

Foto kelas, entahlah 3R2 ini bagi saya kelar yang luar biasah banget. Jadi di telkom itu kalo kelas 3 pembagian kelas bakalan di urutin berdasarkan nama. Dan dulu saya memprediksi bakalan susah buat survive di kelas ini, entah kebetulan apa gimana banyak dari orang-orang yang pada hobi masuk jajaran rangking pararel di angkatan saya masuk kelas ini. Saya udah khawatir bakalan susah buat hidup di kelas ini tapi ternyata kelas ini membuat saya bisa masuk rangking 3 pararel. Atmospher pemeblajaran luar biasah. Anaknya suka berisik dan agak nggak serius tapi kalo misal ada guru nggak bisa ngajar dan ada tugas mereka bakalan tetep ngerjain meskipun sambil gaduh sambil dangdutan di kelas. Kalo ada yang nggak faham bakalan di share rame-rame buat di pecahin bareng. Terimakaish pasukan 3R2 yang udah jadi temen-temen kece melawan tahun akhir smk telkom! 

 
Kalo yang ini idbyte story, dimana kita mulai dari submit form h-1jam sebelum akhir batas submit, di telfon untuk ikutan final tapi kitanya lagi unas. Berangkat semi final di jogja dan presentasi di depan juri tanpa persiapan, sampe ikutan dalam jajaran startup untuk final di jakarta. Bertiga berangkat ke jakarta, numpang hidup sana sini. Belajar presentasi di emperan, naik kopaja sambil bawa koper, presentasi di depan angle investor dunia. Bisa ikutan networking dinner sama geeks on plane sama pak sandiaga uno, sampe bisa maju di awarding night dan dikenali sama bu Mari Elka Pangestu "oh ini ghea yang anak smk itu ya? semangat ya buat membesarkan rumah belajar". Cerita tentang idbyte bukan tentang cerita pencapaian, tapi lebih cerita proses. Dan saya hargai setiap prosesnya bersama ilham, ipad, dan mas dany. Kapan lagi kita terpaksa harus melakukan perjalanan maraton naik kereta, bus, mobil, demi bisa pulang dari jakarta ke malang dengan budget rendah dan bisa ikutan wisuda. Kapan lagi saya sampe malang jam 6.30 sedangkan jam 7.30 sudah harus datang di lokasi wisuda? Hahaha. 


2013 juga mengajarkan tentang berbagi, mencoba untuk berbaur dengan adek-adek di panti asuhan. Dari yang awalnya mereka malu malu sampe pada akhirnya deket. Main ayam-bebek-mentok. Ngobrol sama adek yang merasa malu karena dia anak yatim, padahal saya juga anak yatim sejak kelas 4 sd dan itu bukan penghalang untuk apapun. Justru itu truning point yang membuat saya seperti sekarang.
Bali tidak pernah seindah saat saya habiskan bersama mereka. Menghabiskan beberapa hari di bali secara geratis dari SMK Telkom sama temen-temen kesayangan, saya bakalan cerita di post-post selanjutnya karena memang belum sempet untuk posting hehehe

Wisuda itu moment yang dulunya saya tunggu tapi pas hari H justru nggak pengen saya alami. Terlalu cepat. Rasanya 3 tahun di smk telkom itu berlangsung cepeeet banget. persiapan saya buat wisuda ini kilat banget, pagi baru dateng dari jakarta sekitar jam6.30 dan jam8 udah sampe aja di hotel. Hari itu babay glasess. Padahal nggak pakek soft lens, jadi bisa di bayangkan gimana rasanya, blur everywhere whoa help.
orang orang kesayangan!

Tempat saya tinggal saat ini, comfort zone! Dari mulai bobo, kerja, ngerjain appleberry, masak, cuci baju semua disini hehehe. Alhamdulillah nyaman :)
Teman-teman kantor, alhamdulillah kerasan juga disani. Dapet ilmu lumayan juga, belajar banyak hal yang sebenernya bukan basic saya pas di smk telkom. Orang-orangnya asik-asik bikin saya suka ngakak-ngakak sendiri, fun work.
Dan di tahun ini saya mulai kuliah! Lalal yeye, meskipun pada awalnya saya agak hmmm suka iri sama temen-temen yang kuliah reguler tapi semakin jauh saya semakin seneng bisa kuliah disini. Disini saya punya temen-temen yang juga sama kerja dan saya belajar kerja keras dan pengorbanan dari mereka. Ternyata ada banyak juga anak-anak yang rela buat bekerja tapi ujung-ujungnya gajinya di habisin buat bayar kuliah yang lumayan juga 1,2++ juta perBulan.

Awalnya saya kira kelas karyawan isinya orang-orang tua eh ternyata sekarang banyak juga yang seumuran sama saya. Terus dikelas pengantar bisnis ternyata ada temen saya yang seorang direktur besar, beliau udah bapak-bapak, kalo kita asal lihat aja mungkin kesan pertama 'wah udah tua baru kuliah' ternyata pas lagi presentasi kita sekelas baru tau bahwa beliau direkture besar yang punya proyek gede di jakarta. saya juga tau proyeknya dan memang bagi saya itu besar. Beliau memulai semua sendiri dari masih smk, itu kenapa beliau baru kuliah sekarang meskipun sudah tergolong sukses. Nah, saya kembali belajar bahwa ada orang tua yang masih semangat kuliah, mau ikutan kelas yang isinya anak-anak yang seumuran anak mereka. Padahal mereka sudah direktur utama.

*

2013 cukup berkesan buat saya, untuk resolusi 2014 tentunya saya sudah buat tapi ntar aja saya share lagi hehehe. Semoga cerita 2013 yang cukup panjang ini jika ada yang baca bisa ada manfaatnya. Sejauh ini saya menikmati kehidupa baru saya dimana harus kerja setiap hari dari hari senin-jumat pukul 08-17, dan kuliah di hari senin, selasa, rabu, sabtu, minggu. Dan after work hour masih harus mengurus hoblaa dan appleberry. Tapi mungkin karena semuanya kesukaan, saya enjoy banget. Nah itu dia makanya mulai dengan sesuatu yang kamu sukai. Atau jika tidak berkesempatan untuk melakukan hal yang kamu sukai cintai apa kamu lakukan.

Have a good day everybody!

With love,

ghea safferina adany

You Might Also Like

11 comments

  1. semangat ghea, kamu punya banyak kesempatan yang gak semua orang bisa dapetin disyukuri yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ya hehe, iya alhamdulillah semua hal di syukuri :)
      semangat juga ya, tiap orang pasti punya kesempatan yang berbeda-beda hehe :D

      Delete
  2. Wahh. Cool banget ghea! Salut buat kerja keras dan pencapaian yang kamu dpt sejauh ini. Semangat selalu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada kak ozu hahaha, salut juga buat kak ozu yang bisa dua tahun lebih maju hehehe. masih mudah udah dapet gelar master hehe salut.

      semoga kapan kapan bisa ketemu, ghea hampir tiap pagi awal kerja langsung buka blog kak ozu hahaha. semacam booster kalo ada new post (pengakuan hahaha)

      Delete
  3. Semangat mba :)

    ReplyDelete
  4. Jadwal kegiatan kl masi awal2 kuliah emang rasanya rumit.. ntr stela itu bakal bisa di urai.. slalu semangat biat tim hoblaa. Sukses selalu, semoga diberkahi Impian bersamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya sih, amin terimakasih doanya ya. semoga yang terbaik juga buat kamu :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. 2013 momment yang menarik seperti nya, bagaimana dengan moment 2014 ya ? haha

    ReplyDelete
  7. wuiiih fotonya mbak ghea buanyaaaak banget ya. dan semuanya insipiring :))

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...