#Istanbul 01 : Nyobain AirBnb

8:12 AM


Udah sedari lama saya pengen banget nyobain nginep di rumah-rumah yang ada di AirBnb. Bahkan kayaknya, sejak mereka awal-awal launch dengan website dan logonya yang terdahulu itu, saya udah demen banget intipin webnya sambil berandai-andai 'kapan yaaah bisa beneran nyobain nginep di rumah-rumah ini'. Sekaligus nyari inspirasi desain ruangan. Karena kan ada begitu banyak tipe rumah dari segala penjuru dunia, yang kebanyakan keren-keren.

Dan Allah maha baik, beberapa pekan lalu akhirnya saya keturutan ngicipin euforia heboh nyari rumah yang bener-bener mau di booking, nggak kayak sebelumnya yang cuma browsing-browsing tanpa tujuan dan cuma karena seneng aja lihat rumah lucu. Jadi short story, Alhamdulillah pictalogi kepilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk datang di acara Startup Istanbul. Sebelumnya udah ada seleksi dari Indonesia dulu, dimana 10 startup terpilih bisa nyobain apply ke Startup Istanbul dan yang keterima (baik untuk kompetisi maupun conference) bakalan di support akomodasinya.

Rasanya agak ga percaya pas beneran 'deal' bisa menjadi satu dari sekian startup yang bisa turut serta. Beneran terharu dan bersyukur banget karena sebenernya Istanbul memang ada di salah satu list tempat yang pengeeeeen banget saya datangin karena letaknya yang ada di antara benua asia dan eropa. Saya pengen ngerasain gimana sih rasanya berada di kota dengan dua culture yang berbeda. Pengen ketemu juga sama wajah-wajah ganteng atau cantiknya orang-orang campuran, euroasia yang memang bener masyaAllah sekali.

Nah ternyata, kita (para peserta), bebas menentukan mau tinggal dimana. Jadi sistemnya kita diberi uang harian yang gimana caranya harus cukup untuk tempat tinggal, makan, dan uang saku selama disana. Nah kita bebas sih mau tinggal sendiri atau rame-rame biar bisa urunan (HAHA). Mau tinggal di hotel, airBnb, mesjid, ngelandang, atau mungkin mau numpang di tempat temen. Bebas sebebas-bebasnya udah kayak iklan toko**d**. Yang penting konsekuensinya, semakin mahal akomodasi kita, semakin dikit uang saku kita. Nah!

Niat hati sih pengen super berhemat atau mungkin jadi benalu di tempat tinggal temen (kebetulan emang ada beberapa temen yang disana), tapi.... yakali jadi benalu seminggu banget berasa nggak tau diri. Beda sih kalo jadi benalu berpindah, hari ini ke apartment si A besok si B besok si C, dan gitu aja terus haha. Tapi ga dong, kan kita sebagai manusia yang baik ga boleh jadi benalu, malah sebisa mungkin harus ngasih manfaat (apasih ghe mulai oot wqwq ._.)

Akhirnya, saya dan beberapa peserta perempuan yang berjumlah 5 orang memutuskan buat tinggal bareng aja. Saya sebenernya belum pernah ketemu mereka sama sekali ketika kita mulai sama-sama bikin grup khusus cewek dan mulai cari-cari AirBnb bareng. Tapi rasanya saya udah excited kalo bakalan tinggal bareng mereka. Soalnya mereka mbak-mbak keren keren gituuuwwww, jadi PR banget buat saya untuk banyak-banyak mencari ilmu dari mereka hihi. Siapkan jurus zubat, absorb!

Ohya saya udah cerita kesana kemari dan nyebut-nyebut AirBnb berkali-kali, tapi udah pada tau kan apa itu AirBnb? Kalo udah syukur, kalo belum saya copasin dari wikipedia yah hahaha 'Airbnb is a peer-to-peer online marketplace and homestay network that enables people to list or rent short-term lodging in residential properties, with the cost of such accommodation set by the property owner.' Mereka adalah startup yang menurut saya kereeeen banget! Tanpa punya property sama sekali, mereka bisa sok-sokan jadi penyewa property di seluruh dunia. Yagitu, manfaatin masyarakat buat ikut serta dalam bisnis memang bisa membuat ide bisnis berkembang cepat. Nih lihat aja vidionya yang zuper kece copywriting, konsep dan pengambilan gambarnya.


Gampangnya, kita kalo mau pergi kesuatu tempat, selain hotel, hostel, resort, dkk. Sekarang bisa juga nyobain pengalaman lebih menarik dengan tinggal langsung di rumah warga sekitar. Apalagi kalo di luar negeri kan.. Kalo misal di hotel paling juga gitu-gitu aja kesannya. Tapi gimana dengan tinggal di wilayah masyarakat lokal? Feelnya di jamin beda. Pengalamannya lebih dapet gitu deh... Warga lokal bisa banget buat ngedaftarin propertinya menjadi salah satu deretan list buat dipilih di ariBnb. Bisa sharing home atau nyewain semua rumahnya. Kalo buat orang indo paling agak ngeri yah ketika rumah kita dipinjem orang tanpa pengawasan kita. Kudu saling percaya sih, karena kan rumah + segala barang dan peralatan bakal digunakan orang lain. 

Nah, setelah berhari-hari kita booking dan di reject mulu entah karena jadwal yang crash, ownernya sibuk, ngerasa 5 orang terlalu banyak, dkk dkk... kita udah patah hati berkali-kali ketika di tolakin sama rumah-rumah lucu. Berkali-kali pula terPHP, sedih banget cyin. Sampe akhirnya kita dapat sebuah apartment di kawasan taksim yang cuteeeeee banget! Namanya Lovely Apartment, dengan hostnya yang bernama deniz, dari foto-fotonya sih tempatnya cozy banget.


Begitu datang kami langsung senang sekali membayangkan bakalan tinggal disana selama seminggu kedepan. Apartmentnya memiliki ukruan yang cukup minimalis dengan desain yang comfy dan furniture lucu. Dapurnya juga lengkap dengan beragam makanan yang bisa kita olah mulai dari roti, susu, jus, telur, mentega, keju, pasta, teh, gula, bumbu-bumumbu, cereal, air segalon, dkk. Peralatan dapurnya juga sangat menunjang mulai dari segala alat masak, kompor 4 tungku, coffee maker, toaster, microwave, kulkas, segala macam piring, gelas hingga sendok dan garpu.


Selain itu, kamar mandi juga dilengkapi banyak handuk besar maupun kecil, sabun mandi, shampo, parfun, mesin cuci, detergen, pewangi, dan lain-lain. Lengkap banget lah, kita juga hampir saban hari nyuci baju.


Pilihan seprainya juga bikin saya gemas dan bertekad pulang indo nanti kudu banget njahit yang serupa buat di kamar, HARUS ghe, iya.. HARUS (nulisnya sambil ngingetin diri yang suka khilaf cuma ngebiarin pengen di list keinginan tanpa action) tapi di foto di bawah ini gambarnya dapat dari airbnbnya, yang lucu bukan yang ini.

Ada TV dengan berbagai channel, buku bacaan, penghangat di setiap ruangan, AC, dan prabot serba magic kaya meja lipat, lampu gantung, mesin cuci piring, dkk. Pokoknya kalo dari segi kenyamanan kita merasa puas. Cuma yang bikin kadang agak gimanaaaaa gituuu.... adalah lokasi apartment ini yang berada di lantai 4. Dengan perjalanan ke subway / metro yang memang ga jauh tapi... medannya agak naik turun gituuu lumayan kalo buat program pengurusan haha.

Lokasinya juga bagus sih, di daerah Taksim yang bisa dikatakan sebagai salah satu tempat startegis di istanbul. Banyak tempat-tempat yang bisa kita capai cuma dengan jalan kaki. Kayak taksim square, gezi parki, istiqlal street, dan lainnya. Terus banyak juga tempat lucu-lucu yang tersebar di sepanjang jalan.

Tapi berdasarkan artikel yang kita baca di lonley planet, taksim juga terkenal dengan club malamnya, tempat dimana gay dan lesbian bisa mendapatkan ruang, dan disini bener-bener bebas. Awal kita datang udah disuguhin pemandangan pemuda-pemudi yang cantik-cantik itu di gang-gang taksim lagi rame-rame ngerokok sambil ngerumun kayak anak geng gituu deh, pakaiannya juga agak kurang sopan. Dan selama di istanbul, nemu pemandangan kayak gitu juga cuma di taksim doang.

Tapi overall kita tetap nyaman dengan tempat satu ini, dan masih kaya kebayang-bayang. Ada banyak juga toko-toko kecil dengan pemiliknya yang ramah di sekitar apartment, lalu juga banyak kucing liar super gemas berkeliaran.

Postingan sekarang memang cuma khusus di dedikasikan untuk aprtment lucu nan gemas ini. Rasanya mau banget bikin gini di rumah, karena dia sebenernya kalo dari ukuran ga begitu besar tapi nyamaaaan banget suer! Nanti insyaAllah cerita tentang hari-hari di Istanbul bakalan di post di postingan selanjutnya yah. Semoga ini nggak sekedar wacana, amiiin.


Sneak peek wajah-wajah yang bakal sering muncul di postingan #istanbul

Have a wonderfull weekend!

Selamat hari sabtu yah! (kalo saya sih bakal kuliah dari jam 12 siang - 9 malam huhu)
#mengakhiripostingandengancurhat #byebye

Nb : Beberapa foto ambil dari gallery AirBnb milik deniz yaa, bukan foto saya pribadi hehe. Karena kemarin begitu kita datang udah riweuh aja jadi ga sempat moto pas lagi clean :p

You Might Also Like

14 comments

  1. seru sekali mbak gheee, apartemennya juga cute overloaddddd. moga bisa nyusul jejak mba Ghea bisa ke Istanbul aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn... semoga bisa ngerasin juga yah. Betah banget nih disini ehehe

      Delete
  2. Wah ini mah pewe dan bagus banget!
    Jadi mau ke sana haha #brbnabungkeras :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo udah kelar nabungnya, teraktir aku sekalian ya kesana~

      Delete
  3. Cakep banget tempatnya. Cozy and clean. Bisa jadi rekomendasi nih kalo ke Istambul...wkwkwk..pwede banget..kapan ya saya bisa ke sana. Mudah-mudah ini jadi awal yang baik untuk mewujudkan impian saya ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang semua impian dimulai dari berandai-andai emang mbak. Semoga bisa nginep disini beneran, tempatnya super recommended lah~

      Delete
  4. Alhamdulillah,tempatnya Ghea bgt. motifnya, warnanya, bentuknya.. hehehe

    meskipun uda hidup bareng, saya tetep senang baca blog ini secara diam-diam.. heheh
    wuff you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ghea bangeeet ya mas, wuff you too! Sampe gemes ngajakin vidio buat roomtour waktu itu. Bikin gini yah mas dirumah :D

      Delete
  5. SERUUUU banget nget!
    Semoga bisa mengikuti jejak pergi ke Istanbul yak

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga diberi jalan oleh Allah yah, seriusan emang seru :D

      Delete
  6. Hai kak, seru sekali ceritanya.
    Saya tertarik dengan Apart AirBnB nya. Kalo kaka tdk keberatan, boleh minta link direct ke Apart tersebut? Soalnya saya cari dengan nama Lovely Apartement tidak ketemu. Makasih sebelumnya kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf banget waktu aku cari kok nggak ketemu ya huhu :( Coba cari di daerah taksim, deket metro, semoga ketemu ya. Ownernya namanya daniez

      Delete
  7. aku nyesel knpa ga dari dulu2 nyoba airbnb... rutin traveling kemana2, tp aku br nyobain book akomodasi lewat airbnb pas ke jepang korea kemarin ;p... dan puaaaas... 2 apartmen dan 1 rumah yg kita dapet, bagus2 semua dan lokasi sangat strategis. jauuuh lah kalo dibandingin hotel, apalagi jepang... dgn hrg sama nginep di hotel cuma dpt kamar seuprit, sementara di airbnb aku bisa dapat apartmen full yg cukup utk 8 orang ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih mbak traveling kemana-mana bikin pengeeen! hehehe. Ngelihatin postingannya berasa ikutan keliling dunia hehe. Wah sayang banget ya mbak, padahal emang kalo di AirBnb ini lebih kerasa lokal gitu yah...

      Tapi nggak ada yang terlambat mbak, next trip percayakan pada airbnb hihi :D

      Delete

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts