#Istanbul 03 : Conference Day

06.28


Tujuan utama dari perjalanan ke istanbul selama di beberapa hari ini adalah menghadiri acara Startup Istanbul, sebuah acara yang menyatukan para startup dari berbagai negara di Euroasia. Dan kebetulan, tahun ini indonesia melalui BeKraf juga mensupport beberapa startup untuk bisa ikut mencari ilmu, pengalaman dan relasi pada acara tersebut. 

Dan bersyukurnya, PICTALOGI bisa menjadi salah satu delegasi yang membuat saya dan mas haqi bisa mencicipi beberapa hari di negeri dua benua tersebut. Acara Startup Istanbul sendiri di laksanakan selama beberapa hari yang merupakan serangkaian acara panjang. 

Acara pertamanya adalah conferences di hari kamis dan jumat. Simplenya sih ini waktu buat kita belajar banyak hal, materinya banyak dan bagus-bagus. Acaranya full banget dari pagi sampe sore. Selain itu pas lagi coffe break dan lunch break kita bisa menambah relasi dengan ngider kesana kemari. 

Ohya acara kemarin di buka dengan melafalkan bersama-sama Startup Oath yang bikin semeriwing berdebar (apaan sih ghe), lalu kemudian semangat kian membara.

Berasama ciwi-ciwi dari Afrika~
Ini suasna acara tempat booth para peserta
Saya dapat teman baru,  umurnya sekitar 19tahun dan dia datang sendiri dari London. Meski masih muda, dia punya semangat wirausaha tinggi gitu deh.. Kebetulan juga tempat kita sama-sama di Taksim. Ohya, dia juga ngasih saya banyak insight + saran orang yang menginspirasi untuk di follow
Cantik-cantik yaaa para temen-temen baru ini. Sebelah saya dari pakistan, namanya solehah dan dia dateng bareng suaminya. Abis dari sini solehah dan suaminya juga bakal lanjut ke beberapa negara lainnya. Envy, lihat bisa bareng suami di acara ini. Lalu sebelahnya lagi pada dari afrika.

Acara kedua hari sabtu adalah DEMO DAY, dimana 100 Startup yang terpilih bisa melalukan pitching di depan tamu VIP dan para investor. Selain itu dalam seharian mereka juga dapat booth untuk display produk mereka. Jadi kudu siap kalo di tanya-tanyain seputar produknya. Saya sih kebetulan nggak masuk 100 besar, jadi di hari itu saya dan beberapa orang yang memang nggak masuk ke 100 Startup bisa punya jam bebas buat explore Istanbul yang bakalan saya share di part berikutnya nanti hehe.

Lalu minggunya adalah acara bebas, tapi kembali lagi yang 100 Startup bisa ikutan boat tour keliling selat bosphorus. Tapi meskipun saya ga masuk ke top 100, saya sama dea tetep bisa naik boat tour sendiri dong wqwq, berduaan aja. Juga bakal saya share selanjutnya aja yah..

Ohya selama acara kami juga sempat explore ITU (Istanbul technical university) yang super luaaaas. Ternyata ada banyak anak Indonesia yang kuliah disini dan beasiswa, waah keren, jadi pengen juga kuliah disini juga.


Buat mencapai ITU dari apartment ciwi-ciwi yang tinggal di daerah taksim, bisa dengan naik metro yang mana untuk sampai ke stasiunnya kudu jalan 15 menitan dari apt dengan kontur jalan naik turun kayak lagi ke gunung hihi, lalu setelah beberapa stasiun kita turun di halte ITU, tempat mayoritas pengguna metro turun, karena kebanyakan emang isi metro pagi hari didominasi sama anak kuliahan.



Hampir setiap hari kami bawa bekal dong, demi ngehemat biar budgetnya bisa dialihin buat explore istanbul sama beli ini itu buat olen-oleh dan buat icip-icip. Jadi pagi sembari gantian mandi, lainnya masak nasi bekal sama nyiapin sarapan. Serus sih kayak mainan rumah-rumahan. Kita masak nasinya tapi ga pakek magic-magic tapi manual pakek teflon panci. Untung saya udah konsul ke nenek sebelum berangkat antisipasi kalo ga ada magiccom, Alhamdulillah sih berhasil dan memuaskan hehe. 

Buat materi selama acara sih pengen saya share tapi belum di rekap hehe, sembari nunggu siapa tau pengen tau isi acara startup istanbul bisa dilihat di link berikut, social media official dari acara kemarin yang banyak berisi hal-hal bermanfaat.

Itu dulu deh, selanjutnya bakal posting tentang Explore istanbul lala yeyeye! Biar manfaatnya makin banyak, klik link startup istanbul aja (yang ada di atas) yaah. Have a good day!

With love,

Ghea Safferina Adany

You Might Also Like

0 komentar

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts