#Istanbul 04 : Explore the City

11:55 PM

Istanbul, kota ini sudah membuat saya jatuh cinta bahkan sebelum saya melihatnya secara langsung. Tapi dari berbagai buku pernah saya baca, vidio yang mengulasnya, cerita teman-teman blogger, dan beragam sumber lainnya telah menjadikan saya ingin sekali menjajakan kaki disini. Oleh karena itu, saya super excited sama hari ke-4 dan ke-5 di Istanbul kemarin.

Kebetulan hari ini 4 adalah DEMO DAY, dimana seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, para temen-temen yang masuk 100 besar akan melakukan pitching 3 menit kepada para investor dan demo aplikasi masing-masing di booth yang sudah di sediakan. Kebetulan, event DEMO DAY ini dikhususkan kepada peserta terpilih, investor dan undangan VVIP saja. Oleh karena itu, saya dan beberapa temen lain yang nggak masuk 100 startup bisa punya free time yang sebenernya bisa digunakan untuk kegiatan apapun, tapi mumpung lagi di Istanbul, kita memilih buat memanfaatkan free time ini dengan explore istanbul! YEAY!

Saya bikin kelompok kecil buat jalan bareng yang beranggotakan tim pictalogi (saya dan mas haqqi) dan tim UrFarm (Dea dan Yusuf). Sengaja bikin tim kecil aja biar ga rempong. Kebetulan juga saya sama Dea satu apartment. Dan mas haqi dan yusuf juga satu apartment. Jadi koordinasinya harusnya lebih mudah. Satu hari sebelumnya, saya sama yusuf juga udah sempet ngasih bintang-bintang di google maps buat nandain tempat-tempat yang pengen kita datangin.

Biar ga repot kita janjian buat ketemuan di salah satu stasiun tempat transit. Dimana mas Haqi dan Yusuf sampai lebih awal ketimbang saya dan Dea yang sebenernya udah siap dari pagi, tapi karena mikir tim cowok bakalan lama, jadi kita leha-leha sarapan sambil selooow banget.

Nah terus, besokannya (hari minggu) kita tetep lanjut explore istanbul tapi mencar-mencar. Saya cuma berdua sama Dea. Temen-temen lain (yang 100 startup) sebenernya udah kelar Demo Day-nya, tapi mereka ada Boat Tour dari official acara. Jadi mau ga mau kudu misah. Rencananya sih abis boat tour kita ketemuan lagi dan jalan bareng sama geng ciwi ciwi se-apartment tapi rencana itu cuma jadi wacana doang.

Ohya, berikut ini tempat-tempat yang kami datengin dalam dua harian itu, saya kasih foto-foto dan penjelasan singkatnya aja ya, karena detailnya pengen di post masing-masing terpisah (nantinya bisa di klik masing-masing tempatnya itu yaa hehe).

1. Büyük valide han (clik me!)

Tempat ini udah jadi inceran saya sebelum datang ke Istanbul, di mulai dari nggak sengaja lihat postingan salah seorang blogger luar negeri terkenal yang posting dan foto tempat ini. Langsung tersihir sama keindahannya yang subahanllah sekali. Tempat ini juga katanya di pakek buat shootingnya james bond, meski saya nggak tau kebenaran informasi itu karena ga ngikutin dan nggak browsing dulu pas ngetik ini wqwq (dih ketauan malesnya).

Tempat ini lokasinya rada nyempil dan rahasia gitu, kita aja berhasil ke tempat ini ngikutin langkah-langkah dari blog temuan tersebut yang nyuruh kita buat nyari tempat bernama Büyük valide han yang lokasinya di belakang Grand Bazzar. Lalu disana, menurut petunjuk kita harus mencari orang bernama Mr. Mehdi. Atau kalo nggak tau itu siapa yaudah aja nanya orang. Awalnya sangsi banget sama info kurang jelas tersebut, tapi ternyata bener sih. Kita tanya orang dan mereka nunjkin suatu gedung dengan pintu besar yang katanya harus kita masukin... dan.... singkat cerita (karena yang panjang bakal di post nanti), kita ketemu Mr. Mehdi dan di tunjukan ke-masya-Allah-an pemandangan Istanbul dari atas Büyük valide han.



2. Hagia Sophia (click me!)

Tempat ini menjadi spesial karena pernah menyaksikan perubahan fungsi religius dari masjid, gereja, masjid lagi hingga pada akhirnya menjadi museum. Jadi di hagia sophia ini kita bisa lihat lafad Allah + Muhammad dan yesus di pajang berdampingan.


3. Basilica Cistern

Saya sebenernya ga terlau interest sih buat kesini karena tempatnya gelap ha ha ha. Sementara saya kan anak kamera banget jadi agak anti tempat gelap hihi. Jadi ini tempat bawah tanah yang ada air-air dan cahaya gitu.. Dan disana ada patung medusa!


4. Blue Mosque (Click Me!)

Ini yang biasanya jadi iconnya Istanbul, mesjid dengan menara dan keindahan kubah-nya yang memikat hati. Cerita lengkapnya di post terpisah aja lah yaaa hihi


5. Grand Bazaar

Grand bazaar menjadi tujuan akhir kita hari itu, salah satu tempat belanja yang terkenal di kalangan masyarakat istanbul. Tapi bukan tempat rekomendasi kalo mau yang murah-murah ya.. Karena ada pasar lain yang jauh jauh lebih murah hhehehe.


6. Bosphorus Tour (Click Me!)

Meskipun nggak dapet fasilita bot tour, saya sama dea ngacir buat naik sendiri. Yakali, mumpung lagi di istanbul, kayaknya kudu banget menyusuri selat bosphorus dan ngelihat persatuan dua benua. Apalagi pemandangannya super cantik.


7. Spice Bazar

Tempat ini direkomendasikan buat tempat nyari oleh-oleh dengan harga yang terjangkau di bandingkan di grand bazzar. Tapi tetep aja sih kudu nawar dengan baik dan benar karena orang istanbul kebanyaka cenderung suka ngasih harga tinggi dengan kelihaian memasarkan barang yang bikin orang iya iya aja di tawarin ini itu. Stay focus meskipun mamangnya ganteng yaaah haha.


Itu aja sih beberapa tempat yang di datengin selama weekend. Senin kita masih ada acara puncak Startup Istanbul berupa rangkaian seminar yang super 'bergizi'. Tempatnya di VW arena dengan peserta yang jauh jauh lebih banyak dari sebelumnya. Lalu hari selasanya kita terbang kembali ke tanah air tercinta, lala yeyeye lala yeyeye!

Sampai jumpa di perintilan detail tempat dan closing #istanbul series. Have a good day!

Ghea Safferina Adany

Baca Cerita Istanbul Series Lainnya

You Might Also Like

4 comments

  1. Kok aku selalu merinding setiap membaca, mendengar cerita, atau melihat foto Hagia Sophia. Masha Allah sekali, semoga bisa ngikuti jejak Mba Ghe main kesana aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin insyallah bisa kesana yah, bangunannya gede banget, rasanya jadi kecil kitanya. Tapi mending sebelum kesana nonton filmnya alfatih sang penakluk konstatinopel, biar lebih gereget :D

      Delete
  2. dari semua nya, aku cuma ga dtg ke buyuk valide han itu... malah baru tau nih :D.. tapi yg lainnya aku datangin waktu dulu ke istanbul plus istana topkavi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal seharia aja tapi lumayan ya mbak dapet semua hehe. Termasuk bosphorus tour juga mbak? Topkavi pada nggak mau kesana waktu itu huhu, padahal saya pengen. Katanya ga boleh foto soalnya (remaja jaman kini banget ya -_-)

      Delete

Drop some hello here! :)

THIS MONTHS HITS

My Latest Vidio

recent posts