Crafturday di Gartenhaus, Bikin Sabtu Jadi Produktif

Saturday, May 13, 2017


Sebagai orang yang punya ketertarikan lebih ke hal-hal handmade, udah lama saya suka iri sama kota Bandung dan Jakarta yang menurut saya punya atmosfir kreatif yang mendukung. Berasa sering banget disana diadakan kegiatan-kagiatan menarik yang memanjakan para pecinta handmade. Mulai dari banyaknya bazar handmade, workshop, atau sekedar meetup sesama pelaku industri kreatif. Nggak jarang, saya rela ngider ke luar kota kalo pas lagi ada bazar yang cukup gede-gedean demi cari inspirasi dan relasi

Daaaan….. saya bahagia banget ketika beberapa hari kemarin saya lagi scroll timeline instagram dan ngelihat postingan salah satu temen saya, mbak Aulia, kalo dia lagi mau ngadain bazar di ‘Crafturday’, ngelihat ada bau-bau craft, saya langsung nyobain kepo instagram @crafturday_ buat lihat-lihat kali aja ada yang menarik hati.

Ternyata bener dong, ada acara kreatif yang mau diadakan di Malang dengan nama ‘crafturday’, yang (menurut hasil kepo) adalah salah satu tugas sekolah dari temen-temen UB. Mereka ngadain semacam hari sabtu crafting gitu deh, mulai ada berbagai seminar sampe ada bazar benda-benda handmade.

Nah berdasarkan instagram, ada 4 macam crafting class yang akan digelar, mulai dari Clay Accesories, Marbling Scarf, Leather wallet, sampe Big Dream Catcher gitu deh. Saya paling minat buat ikutan Leather wallet, tapi ketika mau daftar ternyata udah penuh kotanya (huhuhu), emang sih saya daftarnya kemepetan. Lalu pilihan berubah ke Marbling Scarf dan….. tetep aja udah penuh. Rasaya udah kzl dan ‘yaudah deh ntar dateng aja gausah ikutan classnya’, tapi kemudian dapet kabar kalo ada satu slot kosong yang masih bisa diisi di marbling scarf, yeyeye. Saya langsung registrasi via line dan bayar via transfer, itu kemarin loh, haha H-1. Jadi maklum lah ya kalo udah pada sold out kelasnya, dasar saya huhu.


Ternyata acaranya beneran seru seperti ekspektasi saya, meskipun di awal karena tempatnya outdor agak panas gitu deh, karena tadi sesi marbling itu bener-bener di siang hari jam 1.30-an mulainya. Kerasa banget panasnya. Pengajarnya dari @projeksederhana yang telaten banget ngajarin step by step bikin marbling scarf itu gimana.

Selama sesi kita juga banyak berinteraksi sama sekitar karena project ini kayaknya emang ga enak kalo dikerjain sendiri. Pertama kita kadang butuh catnya temen kita, kedua buat menuhin media cetak itu butuh cat ga sedikit, lebih enak kalo kolaborasi daripada sendiri hehe. Ketiga, proses masukin kain ke dalam media riweuh banget dan butuh pasangan yang saling bantu, mulai dari sama-sama megang kainnya, saling ngisi yang satu masukin ke cat satunya ngeratain, sampe yang keempat proses pengankatan kainnya.

(sampe ada yang tutupan di sebelah saya, karena suer panaaas bener, matahari pas ke muka rasanya hehe)
Ini punya saya, tapi nggak dibawa pulang dulu soalnya belum kering, saya titipin temen yang masih disana hehehe

Kelar eksperimen yang seru dan bikin sabtu produktif itu, saya nggak langsung pulang tapi muter-muter dulu ke bazar benda-benda handmade yang bikin super happy. Kenapa? Karena disana bisa ngobrol banyak hal sama temen-temen yang punya passion sama, bahkan yang belum pernah kenal sama sekali udah berasa teman lama.

Sama pemilik @helloauliya project, sok atuh di cek Instagramnya, produknya bagus-bagus banget looh! Tadi ngobrol ngalor ngidul juga karena sebenernya kita udah saling kenal, cuma jarang ketemu ehehe.
Ini yang lagi bikin clay

Tapi saya nggak bisa terlalu lama karena malem minggu ini (waktu saya lagi nulis blog) mas hanif ada jadwal moto. Malem mingguan kali ini sendirian dirumah, tapi nggak masalah sih kan tadi udah Happy banget karena ditemenin ke Crafturday. Kalo pas sendiri gini juga jadi produktif, buktinya blognya jadi di update langsung kelar acara hahaha.


Dari acara ini, saya sadar kalo ada sebagian dari diri saya yang mendadak lebih hidup ketika ngelihat aura makers dimana-mana, ada kebahagiaan yang ga terjelaskan lah, ada kerinduan juga sama @helloappleberry time, ritual pulang kantor dan pulang kampus yang dulu rutin saya lakukan selama di Jakarta. Ah kangen bebikian, rasanya tangan langsung gatel pengen bikin ini itu. Semoga bulan ini, lahir produk baru yang bermanfaat dari @helloappleberry. Insyallah udah ongoing, tinggal release hehe.

Terimakasih semuanya, saya happy hari ini. Terutama untuk panitia yang sudah megadakan acara, seru dan bikin weekend jadi produktif in fun way, semoga semakin banyak hal semacam ini selanjutnya.

Happy Saturday Night



You Might Also Like

16 comments

  1. ini aku yg mau ikut kemarin tp satu dan lain hal gagal. dan seru kan ternyata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget mas hehe, atmosfernya juga bikin semangat ber-crafting-ria banget hehehe. Ikutan aja next time kalo ada lagi :D

      Delete
  2. Foto-fotonya mbak Ghea loh, unch bangeeet ih.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan yang moto mas hanif sih, punyaku cuma beberapa wae hehehe :D

      Delete
  3. Ahhhh pingin banget ikutan begini xD

    saya sih masih kaku dan gaktau sih punya bakat kreatif apa nggak. Yang jelas suka juga sama seni, tapi gak pede sih /apasih wkwkw xD

    Biar tau ada acara" kaya gini gimana caranya ya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pede-pede aja lagi hehehe, kalo ga pede ntar ga maju-maju deh hehehe. Gapapa kalo ada lagi sok mangga ikutan biar nggak nyesel :)

      Kurang tau gimananya sih, tapi mungkin bisa dengan follow akun-akun instagram event malang gitu deh :D

      Delete
  4. Waahh seru ya acaranya,, bikin betah. Saya juga suka yang craft. Next mau intip intip ah kalau ada acara kayak gini lagi pingin juga ikutan kayak mbak Ghea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuttt aja, insyaAllah sekarang di berbagai kota makin menjamur pelatihan sebentar buat asah skill macam ini :))

      Delete
  5. wiiih seru banget kayaknya :D aku pengen banget belajar craft, pingin buat DIY dan semacamnya tapi dulu hasilnya amburadul terus T,T kalau banyak temennya kayaknya lebih seru ya :)

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aslinya gapapa amburadul, selama ada sentuhan tangan tetep ada bangganya biasanya hehe. Kemaren sih ini enak rame-rame hehe :D

      Delete
  6. Wih, crafturday. Namanya unik. Yap, kalau bicara kota kreatif dalam hal handmade, Jakarta dan Bandung memang jawara. Tapi jujur sebagai warga Jakarta, pendapat saya adalah.. Bandung lebih juara daripada Jakarta, industri handmadenya itu sih nggak ada duanya kalau di Indonesia :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kota lain yang nggak kalah juara menurut saya adalah.... jogja! Disana malah berasa kaya kentaaaal banget gitu kereativitasnya hehe.

      Delete
  7. Emang ya.. mbak ghea berbinar binar matanya kalau udah menyentuh dunia bebikinan crafting ala ala :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kebahagiaan yang ga terjelaskan yah wqwqwq #mulaylebayy

      Delete
  8. Kak, info buat acara-acara semacam ini biasanya dapet dari mana yah? Aku tertarik banget soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ngga sengaja tau lewat instagram heheh :D

      Delete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...