FREE Printable Productivity Board

Friday, June 09, 2017

Akhir tahun 2016 kemarin, weekend project saya dan mas hanif adalah membuat sebuah media yang (harapannya) dapat membantu kami berdua untuk lebih produktif di tahun yang baru. Okelah, memang nggak semua orang sih ngelakuin those kind of things di tahun baru, bahkan banyak juga yang bilang kalo sebenernya tahun baru itu ya sama aja kayak hari-hari biasanya yang nggak perlu di perlakukan dengan special.

Dan, yaps! Saya memang bukan tipe yang harus memulai tahun baru dengan perayaan seperti ini atau itu, tapi saya salah satu orang yang memanfaatkan moment pergantian tahun untuk memperbarui semangat dan mengevaluasi apa aja yang udah terjadi setahun belakang. Dan tahun ini saya bikin semacam board yang isinya seputaran checklist menuju produktifitas (amin) HA HA HA


Hasilnya? Lumayan membantu sih, jadi semangat aja tiap pagi saya dan hubbyhubalalala jadi punya media buat coret-coret seputaran planing harian, mingguan bahkan bulanan. Dan lagi, kita meletakkan board list ini di tembok kamar, yang secara nggak langsung sebelum tidur atau bangun tidur selalu mau nggak mau kelihatan. Jadilah kalo ada hal-hal yang missed dari rencana bisa langsung keinget. 

Menariknya, productivity board ini reusable banget, nggak makan waktu buat bikin kolom-kolom yang sama saban hari, ga ngabisin kertas juga, tinggal ditulis, difoto kalo penting dan dihapus pas udah kelar.

Dalam pembuatan DIY productivity board ini, kita berdua (saya dan mas hanif) kerjasama, namanya juga weekend project bersama. Saya yang ngedesign, sementara sambil nunggu hasilnya mas hanif beli frame, lalu kita nyetak bareng, selanjutnya masukin gambarnya ke dalam frame dan mas hanif masang frame-frame itu di kamar pakek bor. Saya cuma bantu ngukur jaraknya ajah dari kejauhan hehe. Soalnya suka ngilu denger suara bor. Jadi nggak sampe sehari pas ide bebikinan ini muncul, langsung kelar eksekusinya. The power of.... mengerjakan bersama.

Waktu pemasangan ini,  sempet instastory dan banyak banget yang pengen beli! #omgomgpeluangbisnisnih, tapi sayangnya saya waktu itu masih ada beberapa tanggungan lain jadi cuma bilang insyaAllah kapan-kapan diproduksi di appleberry. Beberapa lainnya juga pengen minta soft filenya yang saya janjiin bakalan di post di blog, tapi baru mau terlaksana hari ini (...kadaluarsa banget lah ghe, udah tengah tahun hahaha).

Tapi gapapa sih, karena filenya ini fleksibel sih menurut saya, nggak ada aturan waktu dan tanggal, jadi bisa dipakek kapan aja. Kalo males cetak sendiri dan nyari frame, kalian bisa langsung order aja di appleberry (tapi belum dijual sih haha, nantikan di webnya lah yaaa, rencananya bakal lebih beranekaragam nantinya untuk yang di appleberry hehe).

Tapi kalo kalian mau ngeluarin effort sedikit, saya dengan senang hati akan memberikan filenya secara cuma-cuma yang bisa tinggal di download dan di cetak. Berikut ini beberapa pilihan productivity boardnya yah, semoga bermanfaat hehe.


Gampangnya sih ini adalah calender bulanan, sengaja emang nggak dikasih bulan apa sama tanggalnya biar bisa di sesuaikan setiap bulannya. Jadi biasanya tiap sebelum ganti bulan, saya foto dulu karena abis itu bakalan dihapus semua dan diganti angka-angka baru. Penting sih menurut saya punya gambaran besar buat satu bulan kayak gini, biar nggak ada yang miss kalo ada event ataupun deadline hehe.



Nah kalo tadi perbulan, yang ini perhari. Biasanya saya sama mas hanif ngisi ini di pagi hari abis sholat subuh dan berdoa-doa, kita langsung ke kamar, morning talk sekaligus nge-plan hari ini mau ngapain aja. Karena setelah menikah, penting buat tau jadwal masing-masing biar nggak salah faham. Apalagi biasanya mas hanif juga nganter saya kemana-mana. Ngatur jadwal diawal gini bikin kita bisa nentuin harus kemana dulu atau ngapain dulu. Jadi nanti lebih terarah.

Dan kadang, sering kan tiba-tiba kita sampai disebuah titik selo, berasa nganggur aja tiba-tiba. Saya sih sering banget. Biasanya langsung sadar kembali setelah lihat task disini, oh.. ternyata ke-ngangguran itu tadi hanya ilusi, lalu balik berusaha nuntasin task-task yang belum kecontreng.

Ohya karena nggak selalu stay dirumah sementara boardnya nempel ditembok, biasanya abis diisi list, saya foto. Kalo untuk yang pribadi dan personal saya sih prefer bullet journal di binder. Kalo board ini kan yang buat berdua dan garis besar.



Kalo ini, list-list random yang kadang tiba-tiba muncul di otak. Biasanya berupa list-list sesuatu yang mau dikerjain, sesuatu yang diperlukan, sesuatu yang harus diberesin atau bahkan dibenerin. Dan kadang kita nggak bisa ngasih waktu pastinya karena kepikirannya emang dadakan banget.

Kayak lagi enak-enak ngeblog terus sadar kalo minyak dirumah habis, biasanya biar nggak ngisruhin konsentrasi, saya langsung tulis. Atau tiba-tiba inget kalo lampu kamar mandi ada yang mati, yaudah ditulis dulu aja. Nanti tinggal dipindah ke daily task kalo emang pas memungkinkan buat dieksekusi hari itu ehehehe. Jadi ini semacam kumpulan reminder penting.



Kalo ini mah jelas banget ya meal plan. Dari kesemua list, yang paling jarang saya isi ya ini. Karena kadang udah plan mau masak A-B-C-D tapi eksekusinya masaknya berdasarkan apa yang kelihatan dikulkas. Dan kadang fleksibel wae kayak aslinya mau masak A tapi ternyata sisa bahan buat bikin C sama D masih ada, yaudah deh gajadi bikin A tapi bikin resep kombinasi. Daripada mubadzir kan bahannya hehe.

Tapi nggak ada salahnya kita bikin perencanaan mau makan dan masak apa dalam seminggu kedepan. Kenapa? karena menurut saya waktu yang diperlukan buat mikirin mau masak apa itu lumayan banyak. Daripada buang-buang waktu mending lihat list aja toh hehee. Dan kalo udah di list juga jadi memudahkan kalo belanja, mengurangi resiko kalap dan nggak fokus saat berbelanja.



Kalo ini list habit-habit baik yang pengen saya dan mas hanif biasakan sedari sekarang. Karena ga ada filenya yang kosongan, adanya yang udah ditulisin yaudah gapapah ya maafken. Nanti kalo pengen dirubah sesuai kemauan, dihapusin aja tulisannya di photoshop.

Cara kerjanya ya cuma di centang berdasarkan tanggal, jadi nanti kita bisa eval, kira-kira habit mana yang susaaaaaah banget dilakukan dan kenapa? Tapi gimanapun, tetep kudu berjuang buat istiqomah, karena katanya buat membangun habit baru emang diperlukan 40 hari tanpa alpha buat membiasakan diri. Berjuang ghe! Karena berjuang itu ga pernah ecek-ecek, haphapyhaa!



Dan yang terakhir perannya lebih kayak papan sih, blank page gitu buat kita corat-coret. Karena mau gamau ada banyak hal yang kadang perlu didiskusikan tapi enggak nyaman aja kalo nggak sambil di visualkan. Jadilah ini section ini dibiarkan kosong aja, dan emang buat dicoret-coret. Lumayan banget hemat kertas dan kalo ada yang keliru bisa langsung dihapus deh hehehe.


Kurang lebih itu tadi udah saya share semua mulai dari kegunaan masing-masing board sampai link downloadnya. Semoga jadi amal di bulan ramadhan ini yaaah hehe. Kalo ada yang ga jelas dan masih pengen nanya, sok silahkan komen dibawah atau email saya.

Terimakasih! Have a good day, dan semoga kita bisa maksimal dalam menggunakan moment-moment dibulan ramadhan ini

You Might Also Like

13 comments

  1. wih makasih loh kak, dikasih cuma-cuma hihi, biar jadwal libur diisi dengan hal berfaedah dan menghadapi semester depan lebih... nggak menunda tugas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga bermanfaat yaaa... Nanti kasih lihat dong kalo beneran di print hehe. Selamat menghadapi semseter depan :)

      Delete
  2. mbak ghee sangat berguna sekali buat anak kuliahan kek sayaa :D terimakasih banyak mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-samaaa ehehehe, semoga bermanfaat yaah :))

      Delete
  3. Terima kasih mba Ghea, sangat bermanfaat buat list tugas dan kegiatan kuliah biar ga lupa sama deadline. 😁
    desainnya unyuu, sukaak banget, gaada duanyaa. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener, kadang suka miss sama deadline sebenernya salah satu faktornya karena ga kelihatan mata hehe. Selamat berproduktif ria! :)

      Delete
  4. Wuih, ini yang saya butuhin. Terutama yang buat plan bulanan itu lho. Biasanya cuma catat di kertas kosong, bulan ini mau ngapain dan ada deadline apa. Karena cuma selembar, biasanya nyelempit dan seringkali bikin kelabakan karena pas ketemu ada deadline yang udah mepet. Hahaha. Matur thank you banget, Mbak. Ini sangat bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
  5. Menjadi manusia produktif. PR sampai sekarang. Karena yang disenangi belum tentu bermanfaat, cuma bikin bahagia semu hati aja T.T

    Sayangnya masih pindah-pindah tinggalnya :/ pingin gitu bikin sebuah space pribadi biar bisa di kasih perintilan yang mencerminkan kepribadian, tapi masih belum settle down sih u.u

    Tapi gapapa, filenya simpen aja dulu xD
    ka Ghea amkasih banyak!

    ReplyDelete
  6. I need this! Beneran deh! Beberapa kali ambil template yang dishare di akun-akun time management gitu, cuma sempat ambil tapi belum kepake karena desainnya ngebosenin, hahaha

    Kalau Habit Tracker sejauh ini sih baru ibadah, itu pun dapat dari tempat kerja. Ngebiasain amalan wajib dan sunnah terkontrol, maklum masih sering nggak istiqomah :(

    ReplyDelete
  7. Makasih banyak ya, Mbaaaak, desainnya cantik :)

    ReplyDelete
  8. Wah, sangat menginspirasi dan keren banget ide plus desain-desainnya. :D

    Terima kasih kebetulan sedang butuh semacam ini untuk meningkatkan produktivitas. :)

    ReplyDelete
  9. wahhh cantik desainnya, ikutan donlot ah :) makasihhh

    ReplyDelete
  10. keren-keren desainnya mbak, izin download yah

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...