BAKED SPINACH RICE WITH MIXED VEGETABLES AND MOZARELLA ON TOP

Tuesday, August 29, 2017


Saya suka gemas sekali tiap lagi buka branda pinterest dan yang keluar adalah deretan makanan super menggoda. Berasa pengen dimasukin list resep buat dimasak. Tapi tiap mau eksekusi dikeseharian rasanya ga sempet karena pengennya yang pasti-pasti aja, mau eksperimen ini itu juga biasanya keburu mau ngerjain lainnya-lainnya (apalagi waktu itu saya masih ngantor lalu setelah berhenti ngantor langsung memasuki masa-masa mabok dapur)

Nah kebetulan karena hari itu lagi weekend, mendadak pagi-pagi mikir mau masak apa buat hari itu Pengennya sih bukan makanan yang biasa dimasak dikeseharian, mau yang agak 'beda'. Sempet buka-buka youtube buat nyari inspirasi tapi ga kunjung nemu yang menarik hati, sampe akhirnya pengen bukain isi kulkas buat nyari 'harta' apa yang sekiranya bisa disulap. Karena kebetulan saya belanjanya mingguan karena males kalo harus sering-sering ke pasar biasanya yang ada malah waktunya banyak kebuang dan bikin males masa. Jadilah menjelang pergantian minggu, isi kulkas harus sesegera mungkin dihabiskan buat diganti dengan bahan-bahan baru.

Ternyata ada lumayan banyak dikulkas, ada keju cheedar, mozarella, dan sayuran yang cukup banyak. Terus random aja mikir pengen bikin Baked spinach rice with mix vegetables and mozarella on top! Hayoloh! Panjang nian judulnya soalnya asal aja saya ngasihnya wqwq. Karena tadi emang bahan-bahannya mengandung hal-hal yang sudah saya sebutkan semua diatas.

Dan hasilnya? Alhamdulillah enaak dan puas banget! Chessy chessy yummy gitu, like a pro kalo kata suami saya wqwq. Berasa lagi makan diluar, bukan dirumah. Syukurlah. Belum lagi warnanya jadi cantik karena saya iseng gitu nyampurin sama bayam (yang kondisinya waktu itu kelupaan mau dimasak, jadi kalo mau di buat sayuran bening juga udah kurang cantik, jadi di pilihin yang masih bisa dipakai dan di belnder hahahaa, dari pada mubadzir kaan yah)

Berikut ini bahan-bahannya, sebenernya kondisional banget kok, ga harus mirip persis hehe. Semuanya bisa di akal-akalin lah, kan ini bahannya dapat dari 'nemu' dikulkas, jadi ya random aja seadanya kondisi saat itu.


  • 1 Bawang bombang, dicacah kasar
  • 1 buah wortel, dipotong dadu
  • Kacang Polong secukupnya (punya saya kalengan, tinggal direbus, nemu daripada ga dipakai2)
  • Bayam untuk pewarna aja dan semoga juga ada gizinya. Tapi sebenernya tanpa bayam juga ga mempengaruhi rasa sepertinya.
  • 3 Sosis, dipotong tipis
  • 4 Bakso ikan, dipotong sesuai selera (saya jadi 6)
  • 1/4 Keju Cheedar, diparut (ini saya seperempat dari total kotakan ya, tapi sesuai selera sih)
  • 60 gr Keju Mozarella, diparut
  • 1 kotak Susu (saya pakek ultra milk vanila), kotak ukuran tanggung itu cukup kok dengan takaran seperti saya
  • 1 piring besar Nasi Putih 
  • Kaldu jamur (bisa diganti apapun kayak royco dkk, tapi saya pakek yang non MSG namanya totole)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • Merica bubuk secukupnya (saya pakek ladaku)
Lalu ini caranya yang super duper gampang, bahkan anak kosan aja mampu kok bebikinan ini di kosannya. Bagian oven ga wajib, bisa dihilangkan kok, meski kalo ga dioven jadi nggak 'baked' lagi judulnya. Emang sih mozarellanya jadi ga bisa yang lumeeer kalo ga di bake. Tapi dari segi rasa ga banyak yang beda jadi nggak usah sedih dan giveup yah yang belum ada oven dirumahnya. All is well! Kalian masih bisa menikmati makanan sehat yang memanjakan lidah.
  • Tumis bawang Bombay hingga harum. 
  • Masukkan wortel, sosis dan ikan dan kacang polong. Lalu masak hingga agak matang.
  • Tambahkan sepiring nasi lalu terus aduk hingga semua bahan menyampur.
  • Tambahkan kaldu jamur, garam, dan white paper. Aduk hingga tercampur semua.
  • Masukkan susu ultra putih satu kotak, lalu aduk
  • Tambahkan keju cheddar yang telah diparut, aduk hingga meleleh
  • Matikan api, pindah masakan ke wadah yang oven friendly, saya menggunakan piring yang memang bisa tahan disuhu tinggi.
  • Parut keju Mozzarella di atasnya untuk menambah kelezatan masakan.
  • Masukkan kedalam oven dengan suhu kira kira 180 derajat
  • Tadaaaa! Masakan siap dihilangkan!

Semoga bermanfaat buat yang pengen makan italian food tapi males keluar rumah, rasanya semi pizza, schotel dan lasagna. Campuran bergizi dan dapat menaikkan berat badan hehe. Ini karena saya nulisnya udah lama dari kejadian, jadi pas posting sambil laper-laper pengen. Hmmm kudu mengagendakan buat memasak ini lagi!

Have a good day! Kabar-kabar yah kalo beneran berhasil masak, hehehe

Love,

ghea safferina adany

You Might Also Like

7 comments

  1. Ini aku banget sih sebenerya wkwkwk xD
    jadi kalo lagi laper dan jiwa 'aneh' nya keluar, suka ngintipin apa aja yang ada di kulkas, trus dimasak sama mie......nah semua bahan di kulkas aku masukin. Mulai dai ikan yang udah beku banget, sampe ayam kuning sisa kemaren :'

    Tapi kan ya gitu jadinya, jadi punya resep baru....dans ering berhasilnya kok xD
    ini boleh banget jadi bahasna percobaan selanjutnya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku juga hobi banget itu eksperimen isi kulkas, tapi ati-ati sih katanya kalo makanan laut sama semacam ayam itu ga boleh di campur campur. Kayak pernah baca dimanaaaa gituuuu~

      Delete
  2. Jadi ngiler ih.. Bisa di coba nih resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo monggo gampang banget caranya ehehe

      Delete
  3. Apapun makanannya, tetep instagramable kalau mbak ghea yang masak.

    totole?
    Aku baru denger mbaaak. Non MSG ? Asiik :D
    Wkwkw selama ini aku pakai nya ya yang gampang aja nemu di pasar macam royco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya mau di foto lels, jadi di tata. Lek ga mau di foto yo ngono acakadut wqwq~

      Iya totole, coba cari di toko2 pasti banyak juga, enak dan non MSG jadi cenderung lebih sehat (insyaAllah hahaha). Aku dari dulu emang jarang pakek roycooo, bikin makanan jadi enak sih, tapi sembari cemas dan kuatir hehehe

      Delete
  4. Wow mewah banget ya tampilannya. Pakai blenderan bayam tambah sehat deh. Kalau ga ada oven, bisa panggang pakai teflon aja.

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...