Jadi Tim Dekor di Graduation Party ATKP Surabaya

Friday, October 20, 2017


Udah lama banget pengen cerita tentang pengalaman pertama jadi tukang dekor disebuah acara yang menghadirkan banyak orang, dan cuma berdua doang. Saya dan Mas Hanif. Harusnya postingan ini udah di post satu tahun yang lalu, karena emang kejadiannya sekitaran Agustus 2016, jaman masih baru nikah beberapa bulan. Tapi yagitu lah ya ghea, manusia biasa yang banyak alpha, jadi baru bisa post hari ini di 2017. Better late than never lah yaaaa~

Ini adalah project super dadakan dari temen SMK saya, si Balin yang mendadak mau ngadain acara semacam Graduation Party gitu. Kalo nggak salah inget, dia mulai nanya-nanya seputaran dekor itu hari Sabtu, tapi cuma ngasih tau kalo mau ada acara Graduation Party yang tempatnya belum FIX dimana. Terus konsepnya kayak apa juga belum clear. Sayapun nangepinnya ya sebatas membalas dan memberi saran nggak yang terlalu ngonsep gimana karena masih belum pada jelas kan. Acaranya pun masih opsional antara ada dan nggak ada gitu, masih wacana banget pokoknya.

Baru Minggu malam ada keputusan kalo acara FIX bakal diadakan dengan tim dekor dari Saya dan Mas Hanif (yang saat itu kita belum bikin @nolicdecor gitu deh, jadi masih abal-abal dan masih belajaran). Tempatnya juga sempet ganti-ganti beberapa kali sampe akhirnya FIX di MM Resto yang punya area rooftop cukup ciamik. Saya langsung brwosing di IG dan googling random buat bayangin lokasinya, karena kan tempatnya di Surabaya sementara saya domisili di Malang.

Dari hasil cari data di internet, malam itu saya udah buat konsep bakalan ngapain aja disana dengan budget terbatas yang udah dianggarkan. Balin pun setuju dan bilang kalo besok bakal ke lokasi dan ngevidion biar lebih jelas. Hari minggu malam itu saya breakdown harus ngapain dan kemana aja hari senin. Pokoknya saya mash inget kalo listnya banyaaaaaaak banget. Karena pengalaman awal, jadi belum punya banyak property buat dekor-dekoran, alhasil beberapa emang harus create dari awal biar lebih hemat. Dan lagi, ternyata Balin juga minta tolong buatin cinderamata dan sticker juga, dimana dia pengen pakek vandel marmer yang sebenernya saya juga jarang ngurus gituan.

Hari senin alhamdulillah berlalu dengan sangat produktif dari pagi berpegangan dari list yang udah di tulis. Kita belanja balon, beli kain, bikin pom-pom (nenek saya sih), ndesain stiker, cetak, motong, pergi ke tukang vandle, pinjem mobil sodara, motong gabus, dan lain-lain. Sampai malam masih banyak urusan yang harus di beresin karena emang cuma punya satu hari aja buat prepare semuanya dari awal. Sementara besoknya kudu berangkat pagi-pagi ke Surabaya karena musti mampir ke PGS buat beli kekurangan peralatan dekor (....sekaligus belanja). Jadi saya bagi tugas, mas hanif kudu bobo duluan karena besok harus nyetir jadi kudu fresh. Sementara saya ngelarin motong gabus + packing dulu biar besok bisa tinggal berangkat, saya mikirnya sih bakalan tidur di mobil aja. Dan bener, baru kelar semua pekerjaan sekitar jam 2.30 lalu nyempetin tidur bentar.

Pagi harinya berkat pembagian tugas, tetep bisa bangun pagi dong. Mas Hanif tentunya yang mbangunin saya karena udah tidur lebih lama. Setelah sholat subuh, saya nyiapin bekal buat sarapan di jalan dan mas Hanif nge-checklist ulang apa yang udah saya siapin semalam sekalian mindahin ke mobil.

Alhamdulillah mas Hanif udah fresh pagi itu jadi perjalanannya lancar, nggak macet juga karena kita berangkat pagi. Cuma saya yang ngantuk berat tapi masih kudu ngelarin motong-motong kain. Terus ternyata juga nggak tega kalo harus ninggalin mas hanif tidur. Jadi makin mata panda gitu deh. Sempet berhenti bentar buat di rest area buat sarapan bekal kit. Ohya mobilnya full sama peralatan dekor dari yang cuma perintilan sampe ke tiang-tiang kita bawa semua. Ini salah satu alasan cuma berangkat berdua, karena bawaannya banyak. Belum lagi mau ke PGS dulu buat nyari banyak barang lainnya. Pasti baliknya makin penuh.


Untuk mobilnya sendiri, kami minjem punya sodara karena emang masih dalam tahap berjuang buat punya mobil sendiri tanpa Kredit, maunya yang tunai-tunai ajaaaah. Dan masih fokus ke pembangunan rumah, jadi doakan yaaaah semoga terwujud semua bener-bener tanpa KPR. Tapi seru sih kalo berjuang bersama begini. Nanti sih niatnya pengen beli mobil-mobil biasa macam gini dulu, karena gede dan muat banyak, terus harga secondnya masih murah meriah. Nanti kapan-kapan upgrade lagi. Lebih enak gitu menurut kami sih ya, lebih kerasa step-stepnya hihi.

Tujuan utama kita pas sampe Surabaya adalah ke PGS, kita bahkan sampai pas PGSnya baru buka, jadi enak gitu belanjanya bisa bebas. Dan sesuai prediksi sekitar jam 12 udah kelar semua urusan PGS dan lanjut ke tujuan utama yaitu ke daerah sekitar Bandara buat ngedekor. Sempet salah arah segala sih baladah jarang ke Surabya. Jadi sebenernya nggak perlu masuk ke Bandara kita malah masuk. Yasudah dinikmati, numpang sholat di mesjid Bandara terus jajan Roti Boy dulu. Selo wae lah, kalo ada yang salah dibikin Happy ajaaaaaa.

Ternyata Balin dkk masih ada acara gitu lupa deh apa, entah yudisium atau apa, intinya mereka baru bisa ke lokasi sorean. Yaudah deh leyeh-leyeh di mesjid dulu sampe ashar. Eh ternyata kelar sholat ashar si Balin juga belum kelar, kita memutuskan buat tetep cabut dari bandara buat nyari tau lokasi MM Resto itu dimana. Begitu udah tau tempatnya, kita malah cari tempat makan daerah sana, dapat rumah makan padang yang juaraaaa banget rasanya. Kita disana terus sambil nunggu Balin ngabarin kalo temen-temennya udah ada yang di lokasi, baru deh kita kesana.

Kenapa harus nunggu temen-temen Balin? Karena lokasinya di rooftop jadi kudu angkut-angkut barang, belum lagi nanti dari lift terakhir ke rooftopnya kudu jalan dan naik tangga lagi yang lumayan. Sementara bawaan kita banyak. Dan dari pihak Balin dan temen-temen emang udah bilang kalo bakalan bantuin sebagai pertimbangan waktu yang ndadak dan budget yang terbatas.

Alhamdulillah karena mungkin temen-temennya Balin semuanya pada anak yang biasa 'kerja keras', anak taruna gitu kan... Jadi proses unloading barang berlangsung cepat sekali. Benar-benar strong-strong. Mereka kemudian ninggalin kita dulu dan bilang bakal balik lagi nanti. Disana baru deh tinggal saya dan mas Hanif, yang mendadak sadar kalo waktu kita terbatas dan tempatnya lumayan luas. Langsung panas dingin dan heboh rasanya. 'Astaga udah jam segini mas! Kan ini udah beberapa jam lagi? Kudu mulai dari mana? Kudu ngapain? Kya kyaaaaa' #dasarnggakpengalaman

Mas hanif ngingetin buat stay calm biar pikirannya jernih dan malah ngeluarkin joke joke gitu . Dengan ditemani senja yang mulai mengguning (halah), saya dan mas Hanif mulai ndekor. Dari masang tulisan nama, bunga, dkk. Syukurnya nggak begitu lama tim bala bantuan datang, jadi saya tinggal ngasih instruksi dan para temen-temen ATKP Surabaya bantu mengeksekusi. Aaaaah apalah kami berdua kalo nggak ada para taruna (atau prawira ya sebutannya) itu. Mereka bener-bener punya 3 kriteria perwira transportasi, prima fisiknya, profesional kerjanya, dan baik etikanya.

Meski lagi hetic banget, tapi kalo ndekor dengan pemandangan secantik ini gimana mau nggak happy?

Alhamdulillah dari yang tempatnya awalnya kosong bisa mulai kelihatan berwarna-warni beberapa saat sebelum deadline waktu. Mungkin yang paling nantang itu adalah waktu masang lampu-lampu gantung, karena anginnya kenceng banget. Ohya tapi tempat ini keren banget loh, beberapa waktu sekali kita bisa melihat pesawat dengan begitu jelas melintas di langit, pesawatnya besar karena posisinya mereka itu entah udah mau mendarat atau baru mau terbang. Yah maklum kan deket bandara. Bener-bener kayak pas banget tempatnya dengan temen-temen ATKP yang emang ngurusin penerabangan.


LLU6 itu pakai gabus, terus tulisan Graduation Partynya bikin sendiri. Dan rumbai-rumbai di belakang itu punya nol, untungnya udah ada hehe

Welcoming Boardnya masih sederhana yah, sekarang mah udah punya standing frame dan papan lebih besar hehehe.

Tempatnya property foto punya @nolicphotobooth dan @nolcreativewisuda, untung aja banyak property tentang wisuda jadi bisa sekalian di pakai hihi

Lilinnya hasil inventory waktu nikahan dulu, berkah ya sekali beli kepakek mulu hehehe

Untuk meja cuma ditambahin balon + vas bunga + lilin. Dan antara payung dikasih gantungan lampu.

Bunganya bikin sendiri nih, nenek saya berhasil buat semua ini dalam sehari! Aaaah grandma kusayaaaang hehehe.

Untung ada barang-barang appleberry yang bisa diberdayakan jadi pemanis photobooth

tempat buat nulis ucapan-ucapan



Alhamdulillah propertynya masih 'masuk' tanpa harus bikin ulang hihi




Selama acara kita lanjut tugas lainnya. Mas Hanif ngevidio tipis-tipis, sementara saya dokumentasi foto. Yaps, kita selain ngerangkap tukang dekor juga dimintai tolong sekalian buat dokum. Seneng sih, ini pengalaman pertama kita berada di lingkungan taruna dan perwira. Budayanya baru dan seneng aja ada diantara mereka. Acaranya mulai dari sambutan, nyanyi-nyanyi, games, doa, dan ada juga semacam petuah alumni.

Kelar acara kita langsung lanjut ngerapihin semua peralatan dan lanjut loading lagi ke mobil. Semua kayaknya baru rampung sekitaran jam 10/11an deh. Capek tapi seneeeeeng banget! Belum lagi dapat temen baru yang baik-baik. Kita berpamitan sambil haru (lebaaay), cuma beberapa jam ketemu mereka tapi rasanya udah jadi bagian dari tim. Tadi kita melakukan Happy Project bareng-bareng.

Rencananya mau langsung chaw ke Malang sih. Tapi ternyata pas dijalan tol, tiba-tiba lampu utama di mobil mati gitu aja. Astaga udah gemes mikir ada apalagi nih, belum kondisinya udah malam, sepi dan gelap. Eh ternyata beberapa meter kemudian ada rest area, yang kalo misal lampunya nggak mati pasti kita nggak mampir. Dengan kondisi kayak gitu kita sih mikirnya emang sama Allah suruh istirahat dulu kali ya buat nunggu pagi, mungkin Allah lebih tau kalo sebenernya kita berdua udah bener-bener capek dan bisa jadi ada hal yang lebih worse kalo kita maksain pulang saat itu juga.

Saya nggak jadi tidur loh sepanjang waktu itu, jadi terkakhir tidur itu jam cuma beberapa jam waktu persiapan kemarin. Mas hanif pun meski jam tidurnya lebih lama, tapi kudu konsentrasi nyetir berjam-jam, ngangkatin belanjaan pas di PGS yang lumayan banyak (kayaknya 4 kardus dan satu koper deh haha, maklum sekalian cari barang yah), lanjut loading barang berat-berat, terus manjat tangga buat masang lampu gantung, dan lain-lain. Jadi bagi kami berdua 'terpaksa' melipir ke rest area tol dan bisa dapat free time buat tidur mobil tu menyenangkan. Belum lagi disekitaran lokasi juga ada  KFC, AW, Indomaret, dan yang paling penitng..... musholla. Jadi mereasa lebih happy.

Setelah mundurin kursi buat nyari posisi ternyaman, kita sempet ngobrol seru sebentar, ngeflash back ulang gimana kita kok tiba-tiba mau nerima project dadakan ini. Terus ke-hetic-an kami dari minggu malam sampe malam selasa ini. Gimana ternyata temen-temen seneng sama hasilnya. Dan kita rada amazed sendiri sama kenekatan kita. Berlanjut ke ngobrolin berkah dibalik lampu mobil yang tiba-tiba rusak. Nggak lama kita ketiduran, dalam kondisi cape dan happy.

Besok paginya abis subuh kita masih disana karena nunggu langit terang. Sarapan tipis-tipis makanan kotak yang dikasih temen-temen kemarin malam, terus njajan di tenant-tenant yang ada disekitar situ. Baru ketika udah rada terang, kami melanjutkan perjalanan buat keMalang.



Ah, pas nulis ini jadi kangen masa-masa itu. Kadang hal-hal sederhana emang justru bikin happy. Ini udah setahun lebih dari kejadian hari itu, dan kita udah punya tim yang cukup banyak buat ngelakuin happy project semacam itu. Udah nggak sesusah kayak pas awal kita mulai dulu. Kalo di flashback juga banyak hikmahnya. Ternyata emang kalo nggak karena nekat kita nggak bakalan bisa kemana-mana. Dan kadang dimulai dari nekat itu pula kita jadi belajar dan dapat pengalaman baru yang kadang kita kaget sendiri sama hasilnya.

Ohya, lebih detail buat BTSnya sebenernya ada di vlog ini, pertama kali belajar bikin vlog masih kaku bangeeeet hahaha. Gapapalah, kalo dilihat lagi jadi pengen ketawa nih. Ini cuma direkam pakek kamera HP xiomi dan kamera nikon yang lensanya lagi berjamur, jadi apa adanya hihi



Yuk mas Hanif kita melakukan makin banyak happy project lainnya!

Have a good day!



You Might Also Like

2 comments

  1. Terharuuuu banget! Entah kenapa wkwkw.
    Apa yah, gak bisa ngebayangin happynya menjadi bagian dari kebahagiaan banyak orang! Gak cuma satu, gak cuma satu angkatan, tapi sama keluarga2nya juga ituloh.

    Kalau katanya, sukses itu berarti bahagia, aku ubah lagi deh, sukses itu selain dirikita bahaiga, juga menjadi alasan orang lain bahagia :)

    Selamat dan sukses terus ya kak!

    ReplyDelete
  2. Ghea, ini project pertama dan dadakan aja udah sekeren ini, aku speechless dan kagum. Semoga bisnisnya lancar dan makin sukses yah!

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...