Mencari Inspirasi di PPK Sampoerna Expo 2017

Monday, October 16, 2017


Weekend kemarin, setelah paginya melakukan hal-hal seputar urusan rumah seperti beres-beres, nyuci dan kawan-kawannya. Sekitar siang ba'da dzuhur saya dan mas Hanif memutuskan buat keluar rumah dengan beberapa tujuan, yang pertama mau nyetak foto, yang kedua mau datengin beberapa acara yang penuh inspirasi, dan yang ketiga..... berpacaran HAHA.

Nah apa sih acara yang sepertinya penuh inspirasi itu? Jadi di Malang tanggal 14-15 Oktober lagi ada acara PPK Sampoerna yang diadakan di Sasana Krida Budaya Suhat. Saya sendiri baru tau acara ini sekitaran tanggal 13 pas temen crafter saya lagi instastory persiapannya buat ngisi workshop merajut di acara ini. Terus saya nanya dan diberi link IG @ppksampoerna ini. Waktu awal lihat langsung gemesh, aaaaah ini acaranya kayaknya keren banget! Banyak workshop mulai dari merangkai bunga, decoupage, celup kain, merajut, tetarium, memasak yang diadakan secara gratis dengan mentor-mentor yang emang praktisi di bidangnya. Semua perlatan juga udah disediakan sama panitia. Nggak cukup sampe situ, juga banyak seminar-seminar yang mendatangkan entrepreneur inspiratif dari seluruh indonesia.

Langsung deh pengen ikutan, tapi ternyata classnya udah full se-mu-a-nya. Nggak heran sih, pas lihatin IGnya ternyata udah mulai blasting info seputar acara ini dari sekitar sebulan yang lalu. Acaranya bagus-bagus dan gratisan pula, gimana mau nggak full class semua? Apalagi saya baru tau H-1 hahaha, yasudahlah yaaah belum rezeki mungkin. Tapi tetep aja saya kepengen datang ke acara ini buat mencari inspirasi. Karena kayaknya di tempat itu bakal banyak ketemu temen-temen yang gerak dibidang yang sama.

Awal dateng, ternyata kita suruh registrasi dulu, standar sih ditanyain data diri. Terus dapat gelang semacam lagi mau masuk ke jatimpark gitu. Pas mau masuk venue gelangnya di scan, mungkin buat ngitung jumlah real pengunjung sih... Dan setelahnya aja banyak booth dan spot foto keren-keren.


Pertama saya dateng ke booth yang didepannya banyak tanaman. Lagi asik lihatin hidroponik ketika datang mbak-mbak ngajak ngobrol seputar PPK Sampoerna. Kebetulan emang saya sebelumnya belum tau sama sekali, jadi dijelasinlah kalo PPK Sampoerna itu adalah Pusat Pelatihan Kewirausahaan yang dibawahi oleh Sampoerna. Macam pembinaan dan pendanaan gitu deh. Ada tempatnya di sekitaran sukoharjo yang bergerak dibidang pertanian dan perikanan. Jadi kita bisa melakukan pelatihan disana. Cocok tuh buat yang homeschooling. Bisa belajar cara bikin abon dan sosis ikan (65k/orang), budidaya buah bit (35k/orang), manajemen budidaya kambing perah (40k/orang), sampai dengan Manajemen keuangan (20k/orang). Banyak banget pokoknya listnya, bisa dicek langsung di ppksampoerna.com yaaah.... Pendaftaran tersebut untuk mengganti bahan praktek, cetak modul, piagam dan snack box.


Kita dapat souvenir berupa bibit cabe yang tinggal tanam setelah ngobrol sama si mbak, lucu gitu dalam kantong. Kelar dari situ nyempetin foto berdua dengan cara minta tolong ke pengunjung lain yang juga datang berdua. Jadi mereka motoin saya, terus saya gantian nge-boomerang-in mereka. Winwin!


Lanjut lagi, kebetulan pas saya kesana lagi mau mulai seminarnya Medina Zein, yang ternyata hari itu nggak bisa hadir dan diwalikin sama timnya lainnya. Eh waktu lewat ke deket tempat seminar, ada yang nyamperin saya dan ternyata salah satu panitia. Dia nyapa saya karena udah baca blog saya! Aaaah kebetulan sekali ya bisa ketemu di jalan, terharu~ Terus pas saya cerita kalo baru tau acara ini H-1 jadi ga kebagian kelas, dia nawarin ikutan kelasnya Medina, kebetulan ada free slot 1. Sempet tertarik sih, tapi inget lagi kalo datang berdua sama mas Hanif, yakali ditinggalin gitu mas Hanifnya. Meski sebenernya mas Hanif ngga masalah sih, dia rela-rela aja nunggu sambil muter sendirian ambilin vidio-vidio pendek. Tapi saya ngga tega, kan ini weekend kita berdua (halah).

Selanjutnya ada banyak booth startup, kita nggak terlalu lama dibagian ini cuma selewatan aja karena sebenernya masih ada agenda selanjutnya. Dan lagi, udah mendung banget takut nanti malah kejebak hujan disini. Lucu-lucu sih boothnya, pada kreatif. Dan kesemuanya katanya binaan sampoerna gitu deh, dari yg food, craft, agribisnis, dan lain-lain. Banyak juga anak-anak muda. Ah senang lihatnya. Saya cuma beli jus jambu aja soalnya kehausan banget.


Lalu ternyata mendekati pintu keluar ada scan barcode gelang lagi buat dapetin FREE Drinks, aaah baiknya. Tapi ternyata minuman sari Nanas gitu, yaudah deh bhaaay~ Sama mas hanif langsung dibilang 'hamil ga boleh yaaaaa'. Kita sebenernya mau nyobain jajanan disana tapi nggak jadi karena udah germis langsung cuss ke tujuan selanjutnya aja, MOG buat lihat Wedding Expo hehehe.


Dalam perjalanan, tiba-tiba saya pusing pakek banget, dah ibu hamil mah. Sempet mau mengurungkan diri buat nggak jadi ke expo tapi terus inget kalo ini hari terakhir jadi tetep aja lah lanjuuut yang penting nanti nyari makan dulu haha. Dan bener, sampe MOG yang pertama kita cari makanan, muterin berbagai tempat tapi saya kayak eneg gitu ga pengen apapun. Hokben yang biasanya selalu jadi favorit pas hamil juga nggak kepengen, ujung-ujungnya secara random kita makan ke Dandees, tempat makan legendaris dari jaman saya kecil.


Alhamdulillah setelah perut keisi, pusing dan lemesnya pergi. Jadi bisa lihat-lihat Wedding Expo meski sekilas-sekilas aja karena keburu sholat maghrib. Tapi lumayan lah menambah semangat dan inspirasi buat nolcreative, usaha mas hanif (dimana saya mendadak ikutan jadi tim hore) yang makin kesini makin pengen diseriusin. Semoga nantinya juga bisa bertumbuh hingga tahap seperti para vendor lainnya ini. Amin amin amin....


Misi weekend produktif tapi happy terlaksanakan dengan baik. Pulang dari MOG kita ke kantor nol di nangka buat ngobrol ringan tapi berisi bareng tim nolcreative lainnya sampai malam. Semoga kedepannya bisa terus bertumbuh.

Selamat kembali ke rutinitas di hari senin! Jangan lupa semangatnya kudu sama kayak weekend yaah!

Have a good day!

You Might Also Like

4 comments

  1. Halo ghea! Keren banget ini acaranyaa whaaa nyesel kenapa aku gatau padahal juga stay di malang (cupu) apa promosinya kurang yaa? (malah nyalahin wkwkw)
    Anyway salam kenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo hehehe, iya kemarin akupun taunya dadakan dari instagram gitu... Kalo engga sih kayaknya juga gatau. Salam kenal :)

      Delete
  2. Isi blog nya selalu keren ih mbak gheee, menginspirasi. Semangat terus ya mbak :))

    ReplyDelete
  3. Serunyaa weekend berdua ke tempat-tempat seperti itu ... duhh aku jadi baper nih mbak ha ha ah.. lagi LDR sama suami, hmm memang asyik kalo tinggal di kota besar, ada banyak event seru yang bisa kita kunjungi ya

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...